Banda Aceh (ANTARA News) - Bakal calon gubernur/wakil gubernur Aceh yang ikut pilkada melalui jalur independen hanya dua pasangan, setelah pada batas terakhir penyerahan surat dukungan di Komisi Independen Pemilihan (KIP) ditutup pada Jumat (8/7) malam pukul 00.00 WIB.

Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh di Banda Aceh, Sabtu menyatakan, pasangan balon terakhir yang menyerahkan surat dukungan adalah Ahmad Tajuddin (Abi Lampisang)/T H Surya Syah.

Surat dukungan berupa fotokopi KTP tersebut diserahkan langsung oleh Abi Lampisang dan didampingi tim suksesnya pada Jumat malam pukul 21.30 WIB. Total surat dukungan yang dikumpulkan oleh calon tersebut sebanyak 176.268 lembar.

Ia menyatakan, berkas dukungan balon kedua yang diterima KIP Aceh adalah pasangan Irwandi Yusuf/Muhyan yang terlebih dahulu menyerahkan surat dukungan pada hari pertama.

Dikatakan, sesuai dengan aturan bahwa setiap calon independen yang akan maju dalam pilkada Nopember 2011 minimal harus mendapatkan dukungan berupa fotokopi KTP sebanyak 148.598 lembar.

"Alhamdulillah, kedua balon pasangan independen itu telah membawa surat dukungan lebih dari ketentuan dan besok berkas dukungan ini akan diverifikasi," katanya.

Ketua Divisi Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KIP Aceh Nurjani mengatakan, mulai hari ini semua berkas dukungan yang diberikan oleh calon perseorangan akan diverifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa.

"Mulai tanggal 9 hingga 22 Juli, berkas yang diserahkan ini akan dipulangkan ke PPS untuk dilakukan verifikasi. Untuk tim pemenangan hendaknya bisa membantu mengumpulkan para pendukungnya di suatu tempat agar mempercepat kinerja tim PPS di desa," sebutnya.

Nurjani menjelaskan, bila saat dilakukan verifikasi oleh PPS kedapatan ada masyakat mendukung dua calon perseorangan maka nama pendukung tersebut akan dicoret dari kertas dukungan.

"Usai verifikasi namun dukungan masih kurang maka bakal calon perseorang harus mencari lagi. Jika masih kurang maka bakal calon tersebut tidak bisa mendaftar untuk mengikuti pilkada ini," tegasnya.

Sementara Itu, Ahmad Tajuddin (Abi Lampisang) mengatakan dirinya mencalonkan diri karena melihat masih dibutuhkan pemimpin yang bisa menjaga masyarakatnya senang dunia dan akhirat.  (ANT286*BDA1/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011