Solo (ANTARA News) - Sekitar seribu lebih suporter sepak bola dari berbagai daerah di Indonesia yang menamai diri "Koalisi Nasional Gerakan Suporter Untuk Sepak Bola Bersih" berkonvoi keliling kota dan menggelar aksi menyambut terpilihnya Djohar Arifin Husin sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di The Sunan Hotel Solo, Sabtu.

Supertor yang menggalar aksi itu gabungan dari Pasoepati Solo, Panser Biru Semarang, Sriwijaya FC Palembang, Persiku Kudus, Slemania, Persiba Bantul dan Bonek Surabaya, Persik Mania Kediri, Kabo Mania Bogor, mereka bergabung menjadi satu menggelar aksi dikawasan Geladag, Solo.

Para suporter itu berorasi bergantian menuntut pengurus baru PSSI bekerja lebih baik untuk memajukan sepak bola di tanah air. "Siapa saja yang terpilih menjadi Ketua Umum PSSI bagi Bonek tidak ada masalah, tetapi yang terpenting bisa memajukan sepak bola ditanah air dan meminimalkan konplik antar suporter," kata Andi Peci Koordinator Bonek Mania Surabaya.

Dalam aksi tersebut juga sekaligus diadakan rekonsiliasi antara suporter Pasoepati dan Bonek Mania. "Adanya rekonsiliasi antara kedua suporter tersebut bisa dijadikan contoh oleh para pengurus PSSI dalam memajukan sepak bola ditanah air," katanya.

Sumaryadi Gondrong Koordinator Pasoepati mengatakan setelah terpilihnya kepengurusan baru ini diharapkan sepak bola ditanah air bisa lebih maju lagi. "Kami bersama teman-teman tidak menuntut banyak kepada para pengurus PSSI, hanya menginginkan prestasi sepak bola bisa maju lagi," katanya.

Suporter tersebut setelah usai melakukan orasi terus membubarkan diri menuju kelapangan Kampung Sewu untuk melakukan doa bersama atas keberhasilan KLB PSSI tersebut yang telah berhasil memilih ketua umum baru. Suporter yang datang ke Solo yaitu dari Panser Biru empat bus, Bonek Surabaya enam bus dan lain-lain.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011