Super-Besse, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pembalap sepeda asal Portugal Alberto Rui Costa dari tim Movistar bertahan dalam sebuah akhir balapan yang menegangkan untuk merebut kemenangan pada etape kedelapan Tour de France, yang menempuh jarak 189km dari Aiguirande hingga Super-Besse, Sabtu.

Pembalap Norwegia Thor Hushovd odari tim Garmin-Cervelo membalikkan perkiraan awal dengan mempertahankan kaus kuning pemimpin klasemen pembalap pada hari pertama di pegunungan-pegunungan di Massif Central.

Hushovd, yang memimpin sejak hari Minggu lalu saat tim Garmin-Cervelo memenangi nomor Team Time Trial di Les Essarts, sebelumnya diperkirakan akan kehilangan posisinya tersebut pada etape yang pertama dari dua etape berbukit itu.

Tapi juara dunia tersebut berjuang keras untuk mempertahankan kecepatannya bersama para pembalap pendaki dan pada "puncher" yang mengancam mencuri serangan kilat Rui Costa di finis yang basah.

Dia mempertahankan keunggulan satu detik atas pembalap Australia Cadel Evans dari tim BMC.

Meskipun BMC bekerja keras pada awal hari itu untuk mendekati jarak pada sembilan pembalap yang melepaskan diri ke depan, Evans mengatakan bahwa dia tetap senang meski tidak bisa mengambil alih kaus kuning dengan segera.

"Saya belum merebut kaus kuning tapi bagi kami itu bukan masalah untuk saat ini. Saya selalu mengatakan, masih panjang jalan menuju Paris," kata Evans.

Pembalap Belgia Philippe Gilbert mencapai finis di posisi kedua, terpaut 12 detik di belakang Rui Costa.

Evans memimpin kelompok pembalap yang mencapai finis tiga detik kemudian, di depan penantang kaus kuning lainnya, Andy Schleck, dari Luksemburg dan juara bertahan Alberto Contador.(*)
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011