Saya ingin ada pertemuan besar yang membahas secara terbuka illegal fishing, jangan curi-curilah ikan kita.
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar pertemuan menteri-menteri kelautan dan perikanan se-Asia Tenggara (ASEAN).

Pertemuan yang akan digelar akhir tahun ini bertujuan untuk membahas agar pencurian ikan di wilayah Indonesia tidak dilakukan lagi oleh negara-negara tetangga.

"KKP akan mengadakan pertemuan besar menteri-menteri Kelautan dan Perikanan akhir tahun ini guna membahas secara terbuka soal illegal fishing," kata Fadel di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Fadel menyebutkan, selama ini yang sering melakukan pencurian ikan di wilayah Indonesia adalah Vietnam, Thailand, dan China.

"Dengan pertemuan itu nantinya diharapkan pencurian ikan tidak terjadi lagi. Selama ini Vietnam dan Thailand mengambil ikan kita. Saya ingin ada pertemuan besar yang membahas secara terbuka illegal fishing,  jangan curi-curilah ikan kita," kata mantan Gubernur Gorontalo itu.

Dirinya juga akan meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membuka pertemuan menteri-menteri kelautan dan perikanan tersebut.

"Saya akan melaporkan kepada Presiden SBY dan sekaligus meminta beliau untuk membuka pertemuan tersebut," demikian Fadel. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011