Jakarta (Antara News) - Hanya dengan menekan satu tombol kecil berlogo Facebook, anda bisa langsung terhubung ke laman jejaring sosial terbesar di dunia Facebook.

Meledaknya popularitas Facebook benar-benar dimanfaatkan HTC Corporation untuk meluncurkan sebuah ponsel pintar HTC Cha-Cha yang sangat memanjakan pengguna Facebook.

"Jadi anda tidak perlu repot lagi membuka Facebook! hanya menekan satu tombol, anda sudah bisa membagi foto, mengobrol dan mengunggah lagu atau video," kata Country Manager HTC Indonesia Agus Sugiharto dalam jumpa pers di Senayan City Jakarta pada Selasa (12/7).

Tombol Facebook itu juga berfungsi sebagai context-aware yang akan mengeluarkan kedipan cahaya setiap kali ada kesempatan untuk berbagi konten atau update melalui Facebook.

"HTC Cha-Cha ditujukan untuk para pengguna Facebook sejati," katanya.

Masalah spesifikasi ponsel pintar tidak perlu dipertanyakan lagi, HTC Cha-Cha menggunakan sistem operasi Android Gingerbread 2.3.3, keyboard Qwerty, layar sentuh landscape yang responsif dengan resolusi 480 x 320, kamera 5 mega piksel dengan auto focus dan LED flash.

Ponsel pintar yang berlayar 2.6 inci dijual seharga Rp. 2.999.000 di reseller resmi Grapari Telkomsel mulai 20 Juli 2011 dengan berbagai pilihan warna seperti modern white, phantom black, dan amethyst purple.

Pembelian perangkat itu akan ditawarkan dengan paket data unlimited HTC gratis selama 6 bulan. Selain paket itu, para pelanggan juga bisa menikmati layanan gratis 150 menit waktu bicara dan gratis 150 SMS  selama 6 bulan.

"Dengan paket data ini, kami harapkan para pengguna akan merasa nyaman menggunakan Facebook di HTC Cha-Cha," kata Gideon Edie Purnomo, VP Channel Management Telkomsel.

Sayangnya, HTC Cha-Cha tidak menyertakan aplikasi khusus untuk laman jejaring sosial lokal seperti KASKUS dan lainnya.

"Kalau masalah ketersediaan aplikasi, itu urusan operator karena sudah dibundling, kami hanya masalah perangkat  saja," kata Agus berkilah.

"Negoisasi dengan KASKUS menemui jalan buntu," kata Gideon mengomentari masalah tersebut.

Tak hanya itu, para pengguna juga belum bisa menikmati layanan terbaru dari Facebook seperti video chat melalui Skype.

"Untuk saat ini belum tersedia, tapi kedepannya kami (HTC) terus melakukan pembaruan secara bertahap," kata Agus.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011