Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar para perwira militer dalam menjalankan tugasnya tidak memilih-milih jabatan yang berujung pada ketidaksetiaan pada tugas yang diberikan.

Kepala Negara menyampaikan hal itu dalam pembekalan kepada para calon perwira remaja TNI 2011 di Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Selasa malam.

"Jangan pilih tugas dan jabatan. Bukan jabatan yang membuat orang menjadi besar, tapi orang yang membuat jabatan jadi besar," kata Kepala Negara.

Presiden menyampaikan hal itu di hadapan 635 calon perwira remaja TNI 2011 yang akan dilantik pada Kamis (14/7) mendatang.

Pada bagian lain pembekalannya, Presiden menegaskan sosok perwira TNI yang diharapkan adalah perwira yang memiliki kemampuan dan rasa tanggung jawab serta tidak mudah menyerah dan cengeng.

"Bermental tangguh, tidak cengeng, tidak mudah menyerah, tidak lari dari kenyataan, tangguh ulet, berani hadapi sesuatu, ambil solusi dan kemudian dijalankan," katanya.

Presiden juga mengingatkan agar dalam membina karier jangan pernah bergantung pada orang lain atau sponsor, karena hal itu justru tidak akan membuat karir berjalan dengan baik dan abadi.

"Miliki kepercayaan pada diri sendiri yang kuat. Jangan membiasakan mencarikan gantolan. Jangan membiasakan atau senang, ingin hanya menggantungkan pada sponsor. Gantolannya diri kalian sendiri. kalau setiap tugas dilaksanakan dengan baik, itu sponsornya," katanya.

Ditambahkan Presiden,"kalau kalian membiasakan diri mencari sponsor, itu pada saatnya akan tidak ada, dan akan kehilangan segalanya kalau itu dikembangkan."

Presiden menegaskan juga bahwa selama membina karir jangan tergoda atas harta, tahta dan wanita, karena hanya akan menghancurkan karir kemiliteran dan mengkhianati janji jabatan yang sudah diucapkan.

Selain memberikan pembekalan pada Capaja TNI, Presiden juga akan memberikan pengarahan pada Perwira Tinggi TNI serta silaturahmi di Akademi Militer Magelang pada Rabu (13/7) dan melantik perwira muda TNI lulusan akademi militer, akademi angkatan laut dan akademi angkatan udara 2011 Kamis (14/7).

Data dari Puspen TNI, jumlah perwira TNI baru yang akan dilantik masing-masing Akmil 295 orang, AAL 216 orang dan AAU 124 orang sehingga total berjumlah 635 orang.

Pelantikan perwira muda TNI angkatan 2011 akan dilangsungkan di Lapangan Dirgantara Mako Akademi Angkatan Udara Yogyakarta pada Kamis (14/7) mendatang.

Setelah 2004, pelantikan perwira muda TNI tidak dilangsungkan di Istana Presiden Jakarta, namun secara bergilir di masing-masing akademi.

Pada 2008 berlangsung di Akademi Militer Magelang, pada 2009 di Akademi Angkatan Laut Surabaya. Pada 2010 tidak Prasetya Perwira karena perubahan kurikulum dan pada 2011 dilangsungkan di Yogyakarta.(*)
(T.P008/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011