AsiaNet 45447

ST. LOUIS, 11 Juli 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --
    
     Peabody Energy (NYSE: BTU) dan ArcelorMittal SA (NYSE: MT) hari ini mengkonfirmasikan telah bersama-sama mengajukan proposal yang indikatif kepada dewan direksi Macarthur Coal Ltd. (ASX: MCC) guna membeli seluruh saham perusahaan.

     Berdasarkan proposal dari perusahaan yang baru dibentuk ini, kepemilikan saham sebesar 60 persen oleh Peabody dan 40 persen oleh ArcelorMittal, pemegang saham Macarthur akan ditawari uang tunai senilai A$15,50 per saham melalui pengambilalihan pasar. Perusahaan baru tersebut memiliki bunga yang relevan sekitar 16 persen dalam saham Macarthur.

     Harga proposal tersebut mengimplikasikan nilai ekuitas di Macarthur sekitar A$4,7 miliar dan merupakan premi yang besar untuk perdagangan baru-baru ini.

     Proposal untuk dewan direksi Macarthur tidak mengikat dan tergantung pada kesuksesan penyelesaian penelitian, yang akan diselesaikan tepat pada waktunya. Setiap penawaran yang timbul kepada pemegang saham Macarthur hanya berjumlah minimum sebesar 50,01 persen yang diterima, persetujuan Foreign Investment Review Board Australia dan persyaratan umum serta persetujuan lainnya.

     Menurut Chairman dan Chief Executive Officer Peabody Greg Boyce, "Kami percaya ada nilai signifikan yang dapat dilakukan dengan mengelola portofolio aset batu bara Macarthur menggunakan pengoperasian industri terkemuka Peabody, pengembangan dan keahlian komersial. Kami ingin memajukan proposal ini agar dapat menyelesaikan transaksi untuk kepentingan para pemegang saham Macarthur."
     
     Aditya Mittal, Kepala Keuangan dan Anggota Dewan Grup Manajemen ArcelorMittal, berkata: "ArcelorMittal telah menjadi investor jangka panjang di Macarthur, dan kami ingin mendiskusikan proposal ini dengan dewan Macarthur.

     Macarthur adalah produsen terbesar di dunia untuk injeksi batu bara lumat dan tidak mudah menguap yang diambil dari laut (LV PCI) dengan produksi dan pengembangan aset di Bowen Basin, Australia, yang meliputi Coppabella dan Moorvale Joint Venture dan Middlemount Mine. Perusahaan ini mengontrol jumlah cadangan batu bara sekitar 270 juta ton (sekitar 175 juta ton pada awalnya) dan jumlah sumber dayanya sekitar 2,3 miliar ton (sekitar 1,7 miliar ton pada awalnya). Perusahaan ini memiliki hasil produksi sebesar 3,8 hingga 4,0 juta ton dalam setahun yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2011.

     Peabody adalah perusahaan swasta terbesar di dunia di sektor batu bara dan pemimpin global dalam solusi batu bara yang telah bersih. Dengan penjualan sebesar 246 juta ton pada tahun 2010 dan jumlah pendapatan sebesar hampir US$7 miliar, bahan bakar Peabody menambah sebesar 10 persen tenaga listrik di Amerika Serikat dan 2 persen dari listrik di seluruh dunia.

     ArcelorMittal adalah perusahaan terkemuka di sektor pertambangan dan baja yang terpadu, dengan pengoperasian di lebih dari 60 negara. Pada tahun 2010, ArcelorMittal memiliki pendapatan sebesar US$78 miliar dan produksi baja mentah sebesar 90,6 juta ton, berjumlah sekitar 8 persen dari produksi baja di dunia. Pertambangan ArcelorMittal telah menghasilkan 47 juta ton bijih besi dan 7 juta ton batu bara metalurgi pada tahun 2010.

     Peabody melibatkan UBS dan Bank of America Merrill Lynch sebagai penasihat keuangan dan Freehills sebagai penasihat legal terkait dengan transaksi yang potensial. ArcelorMittal melibatkan RBC Capital Market sebagai penasihat keuangannya dan Mallesons Stephen Jaques sebagai penasihat legal terkait dengan transaksi yang potensial.

     Pernyataan-pernyataan dalam rilis pers ini adalah berwawasan ke depan seperti tertera pada Private Securities Litigation Reform Act tahun 1995. Pernyataan berwawasan ke depan ini berdasarkan pada sejumlah asumsi bahwa pernyataan Peabody adalah dapat dipertanggung jawabkan, tetapi mereka terbuka untuk beberapa hal yang belum pasti dan resiko bisnis yang mungkin dapat menyebabkan hasil baru yang berbeda secara material dari harapan. Faktor-faktor tersebut sulit untuk diprediksi secara akurat dan mungkin di luar kendali perusahaan. Perusahaan tidak berkewajiban untuk memperbarui pernyataan berwawasan ke depan ini. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil mencakup semua hal yang dijelaskan dalam rilis pers ini serta rincian resiko pada hasil perusahaan yang diajukan oleh Securities and Exchange Commission.

     Dalam pengumuman ini tidak ada tujuan untuk membuat proposal sebagai tawaran untuk mengambil alih Macarthur Coal Limited. Tidak juga ada jaminan bahwa tawaran pengambilalihan tersebut akan dibuat.

     Cadangan dan sumber daya Macarthur dan informasi lainnya berdasarkan pada keterbukaan publik dan kecuali pada MDL162.

     KONTAK:
     Vic Svec
     +1-314-342-7768

SUMBER Peabody Energy

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011