Kami patuh pada SOP dalam setiap pelayanan. Faktor kehati-hatian, cek, dan ricek sebelum keberangkatan terus dilakukan oleh seluruh petugas...
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus berkomitmen untuk mewujudkan keselamatan transportasi khususnya dalam memberikan layanan penyeberangan yang aman, nyaman, dan berkeselamatan.

Corporate Secretary PT ASDP Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya konsisten untuk menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa dalam setiap pelayaran dan patuh pada SOP yang telah diatur dalam regulasi.

"Kami patuh pada SOP dalam setiap pelayanan. Faktor kehati-hatian, cek, dan ricek sebelum keberangkatan terus dilakukan oleh seluruh petugas saat mengoperasikan kapal untuk penyeberangan," kata Shelvy dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: ASDP catat kenaikan penumpang kapal di Toba dan Batam

Shelvy menjelaskan, sebagai contoh ketika proses muat ke kapal berlangsung, tim ASDP membutuhkan waktu beberapa saat sebelum akhirnya kapal ferry mendapatkan izin berlayar dari otoritas dan meninggalkan pelabuhan.

Kata dia, terkadang pada saat kondisi tersebut membuat pengguna jasa tidak sabar dan buru-buru berangkat.

ASDP mengimbau seluruh pengguna jasa yang akan naik kapal ferry agar patuh aturan dan mengikuti petunjuk keselamatan yang disampaikan oleh petugas sehingga perjalanan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan selamat.

Baca juga: ASDP Kupang: Pelayaran feri di NTT masih ditutup sementara

"Padahal, dalam proses muat penumpang dan kendaraan dilakukan pengaturan yang seksama. Petugas memastikan muatan sesuai dengan manifest, bila terdapat kendaraan melebihi kapasitas, petugas akan meminta diikutsertakan ke kapal selanjutnya,” ujarnya.

Lanjut dia, ASDP juga berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan berkoordinasi aktif antar pemangku kepentingan di lingkungan pelabuhan agar mewujudkan layanan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan yang berkeselamatan.

“Kami sangat setuju bahwa keselamatan menjadi tugas bersama dan kami akan konsisten dan mendukung upaya peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran di setiap pelabuhan yang kami kelola,” pungkasnya.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022