Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) meluncurkan 100 unit mobil donor darah guna mendukung kegiatan donor darah di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, di Jakarta, Jumat, mengatakan keberadaan mobil darah ini untuk membantu program donor darah PMI yang sudah mencapai 3 juta kantong darah.

"Saat ini baru ada 20 unit, namun kita menargetkan dalam 7 bulan ke depan sudah memperoleh hingga 100 unit mobil donor darah," kata Kalla.

Diharapkan, kata Kalla, dengan adanya mobil unit donor darah ini akan tercapai penyediaan darah yang cukup sampai 4 hari.

Pada kesempatan yang sama, PMI melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama dengan PT. Ocean Media Link terkait program pembangunan pabrik kantong darah di Indonesia.

Rencananya, jelas dia, pembangunan pabrik kantong darah ini membutuhkan biaya sebesar Rp35 miliar dan akan dibangun di kawasan Jabodetabek yang selesai dalam waktu 1 tahun.

"Selama ini kebutuhan kantong darah masih impor dari luar negeri, dengan membangun pabrik sendiri, kita tidak perlu mengimpor lagi dan bisa menekan ketergantungan kantong darah dari luar negeri," katanya.

PMI telah membangun gerai-gerai donor darah di pusat perbelanjaan, kampus, kecamatan, perkantoran dan sejumlah daerah di Indonesia.

Bantuan 20 unit mobil donor darah ini diberikan oleh PT Adaro Energy, Tbk, Surya Citra Televisi (SCTV), PT Priamanaya Energi, Agung Podomoro dan PT Askes.
(ANT-273)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011