BOR di rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta saat ini mencapai 56 persen atau meningkat dua persen dari hari sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan ketersediaan pasokan oksigen di seluruh fasilitas kesehatan di Jakarta tercukupi seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 dan keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit rujukan COVID-19.

"BOR di rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta saat ini mencapai 56 persen atau meningkat dua persen dari hari sebelumnya," kata Ahmad Riza Patria, di Jakarta, Minggu.

Menurut Riza Patria, kelengkapan di berbagai fasilitas kesehatan (faskes) seperti, rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya, baik tenaga kesehatan, obat-obatan, oksigen, sampai vitamin, semuanya tersedia dalam jumlah yang cukup.

“Jadi data yang kami terima, BOR itu 56 persen. Hari sebelumnya masih 54 persen. Jumlah tempat tidur untuk pasien COVID-19 di rumah sakit rujukan ada 4.361 bed dan terisi 2.426 bed," katanya.

Riza menambahkan, selain peningkatan jumlah tempat tidur, pihaknya juga mencatat adanya peningkatan kapasitas ICU menjadi 19 persen.

Dengan kondisi itu, Pemprov DKI Jakarta menyatakan kesiapannya menghadapinya lonjakan kasus COVID-19 dengan berbagai skema, termasuk menyiapkan tenda darurat seperti pada Juli 2021

"Alhamdulillah DKI bisa dengan cepat menyiapkan sebelum ada peningkatan kasus. Kalau terpaksa ada pemasangan tenda penambahan bed (tempat tidur) kami siap. Insya Allah sistem sudah dibangun tinggal menambahkan kapasitas,” katanya.

Berdasarkan data https://corona.jakarta.go.id/id Minggu, pukul 15.30 WIB jumlah kasus pasien COVID-19 tercatat sebanyak 23.397 orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 3.978 orang dari sebelumnya.

Dari total pasien tersebut, sebanyak 17.852 orang melakukan isolasi mandiri di wisma atlet dan rumah, sementara 5.545 orang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Warga jalani isolasi mandiri di Jakarta mencapai 1.767 orang
Baca juga: Wagub DKI: BOR rumah sakit di Jakarta turun jadi 77 persen
Baca juga: 3.110 pasien COVID dirawat di RS Wisma Atlet kemayoran


Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022