Para santri dari berbagai daerah pun dipulangkan semua
Jepara (ANTARA) - Sebanyak 19 santri di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, setelah dinas kesehatan setempat melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap para santri di pondok pesantren setempat.

"Saat ini 19 santri yang dinyatakan positif COVID-19 diisolasi terpusat di Balai Latihan Kerja (BLK) Pecangaan Minggu (30/1)," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Muh Ali di Jepara, Senin.

Ia mengungkapkan penapisan (screening) kesehatan sudah dilakukan terhadap semua santri di salah satu ponpes di Kecamatan Bangsri tersebut. Sedangkan hasilnya tercatat ada 19 santri yang dinyatakan positif.

Untuk sementara waktu, kata dia, aktivitas pondok pesantren tersebut diliburkan sambil menunggu perkembangan lebih lanjut. "Para santri dari berbagai daerah pun dipulangkan semua," ujarnya.

Ia berharap pondok pesantren yang lainnya melakukan antisipasi agar tidak muncul klaster penularan COVID-19 dengan melarang keluarga santri melakukan kunjungan serta menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan secara ketat.

Baca juga: Jawa Tengah menggiatkan Jogo Santri untuk cegah penularan COVID-19

Baca juga: Wagub: Santri di pesantren yang jadi klaster COVID jangan dipulangkan


Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jepara Eko Cahyo P menambahkan bahwa hasil PCR para santri diketahui pada 30 Januari 2022.

Muncul kasus tersebut, berawal ketika ada salah satu putra pengasuh pondok pesantren tersebut terkonfirmasi positif COVID-19. Sedangkan hasil penapisan kesehatan diketahui ibunya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Kemudian seratusan santri dilakukan tes cepat antigen dan diperoleh hasil 17 santri reaktif positif COVID-19. Lantas ditindaklanjuti dengan tes PCR bersama enam santri lainnya yang kontak erat dan tercatat ada 19 santri yang terkonfirmasi positif corona.

Berdasarkan laman https://corona.jepara.go.id/ per 30 Januari 2022, disebutkan bahwa total kasus terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 18.746 kasus, sedangkan saat ini ada 24 kasus. Sedangkan pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 17.712 kasus. 

Baca juga: Ponpes diminta gandeng pemerintah desa siapkan karantina santri

Baca juga: Kodim Wonosobo jemput santri ikuti vaksinasi COVID-19

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022