Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 560-an siswa kelas 1 hingga 6 Sekolah Dasar (SD) Khadijah, Wonokromo, Surabaya, Sabtu, melakukan jalan sehat menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1432 Hijriah.

"Kami tidak memberi tema, kami cuma berharap mereka berpakaian Islami dan unik dengan iringan patrol dari para siswa sendiri," kata Ketua Panitia PSB SD Khadijah, Mar`atus Sholichah.

Ia menjelaskan jalan sehat itu juga merupakan penyambutan atau penerimaan siswa baru (PSB) yang berjumlah 96 siswa, sekaligus merayakan HUT ke-66 Proklamasi Kemerdekaan RI.

"Kami merayakan HUT ke-66 Proklamasi Kemerdekaan RI selama seminggu yang lalu, karena tanggal 17 Agustus bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan 1432 Hijriah," kata wali kelas II SD Khadijah itu.

Selain berpatrol, sejumlah siswa terlihat menggunakan pakaian unik, di antaranya pakaian yang terbuat dari daun mangga, pakaian dari bungkus permen, pakaian dari karung goni, dan sebagainya.

Dengan mengenakan pakaian unik itu, ratusan siswa berjalan kaki dari sekolah mereka di Jalan SMEA ke Kampung Wonorejo, lalu kembali lagi ke sekolah mereka dengan jarak hanya sekitar satu kilometer.

Setiba di sekolah, mereka menggelar penyambutan siswa baru dengan pentas seni di halaman sekolah melalui penampilan seni dari setiap jenjang kelas dan penampilan siswa yang berpakaian paling unik.

Di sela-sela pentas seni dan penampilan pakaian unik itu, para siswa juga mendengarkan pengumuman pemenang lomba HUT ke-66 Kemerdekaan RI yang telah digelar di sekolah mereka selama seminggu sebelumnya.

"Lomba HUT Kemerdekaan yang digelar antara lain lempar karet, gobak sodor, mewarnai gambar Agustus-an, dan sebagainya. Ada tiga juara dalam setiap jenjang kelas," kata Ika, sapaan Mar`atus Sholichah.

Ia menambahkan para juara akan mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan hadiah sponsor. "Yang penting adalah doa dari para wali murid untuk kami agar mampu mendidik putra dan putri mereka menjadi SDM Islami yang unggul dan kompetitif," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011