Jakarta (ANTARA) -
Aparat kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jakarta Pusat, Senin malam, melakukan penutupan jalan di depan gedung Pertamina untuk mengantisipasi balap liar di Jakarta Pusat.
 
Penutupan jalan itu dilakukan sejumlah personel Satlantas Polres Jakarta Pusat bersama aparat TNI dan Satpol PP, demikian informasi yang dihimpun ANTARA dari Twitter TMC Polda Metro Jaya, Selasa dinihari.

Tim gabungan itu melakukan penutupan jalan dengan menggunakan pembatas jalan yang terbuat dari beton dan plastik.
 
Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan kegiatan balap jalanan (street race) yang digelar akhir pekan lalu di Ancol, Jakarta Utara, mampu mengurangi balap liar di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Polda Metro siapkan tiga lokasi "street race" di luar Jakarta
 
"Setidaknya dari Desember 2021 hingga 15 Januari 2022, belum ada lagi laporan tentang balap liar di jalanan di lokasi yang selama ini kami tengarai ada balap liar. Sepertinya sudah agak jauh menurun," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Rabu (19/1).
 
Sebagai tindak lanjut, Direktorat Lalu Lintas(Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana menggelar kegiatan serupa pada bulan depan.
 
Polda Metro Jaya bersama pihak terkait sedang mengkaji beberapa lokasi di Depok, Bekasi, dan Tangerang.
 
Sambodo juga berharap kegiatan ini bisa terus berjalan sehingga para pegiat balap liar bisa mempunyai wadah untuk adu kecepatan yang aman dan terkendali.

"Kalau ini jalan terus, Insya Allah, balap liar bisa kita hilangkan," ujarnya.

Baca juga: Polda Metro berharap balap jalanan resmi minimal kecelakaan balap liar
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2022