Tokyo (ANTARA) - Jepang sedang mempersiapkan kemungkinan kunjungan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada paruh akhir Mei untuk membahas tentang keamanan regional, China dan Korea Utara.

Kemungkinan itu diberitakan pada Selasa oleh surat kabar Yomiuri, yang mengutip sejumlah sumber pemerintah Jepang.

Kunjungan tersebut akan menjadi yang pertama bagi Biden sebagai presiden Amerika Serikat.

Kunjungan Biden itu akan diatur waktunya untuk berkoordinasi dengan pertemuan di Jepang bagi para pemimpin negara yang terlibat dalam dialog keamanan "Quad", yakni Jepang, India, Australia, dan Amerika Serikat.

Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dua minggu lalu mengadakan pembicaraan panjang pertama mereka sejak Kishida menjabat sebagai PM Jepang pada 2021.

Biden dan Kishida sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam menekan kepentingan terkait ekonomi dan keamanan, termasuk soal China, rudal Korea Utara, dan ancaman Rusia terhadap Ukraina.

Pada saat itu, Biden menerima undangan untuk mengunjungi Jepang, yang mengindikasikan bahwa pertemuan itu akan terjadi pada akhir musim semi, kata seorang pejabat senior pemerintah AS.

Amerika Serikat sedang mempertimbangkan agar Biden bisa mengunjungi Korea Selatan pada saat yang sama untuk melakukan pembicaraan dengan presiden baru negara itu setelah masa jabatan Moon Jae-in selesai pada awal Mei, kata Yomiuri. 

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Kishida mungkin batal bertemu Biden akibat Omicron

Baca juga: Kaisar Jepang bertemu ibu negara AS sebelum pembukaan Olimpiade


 

PM Jepang Kishida sesalkan peluncuran rudal Korea Utara

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022