Sidoarjo (ANTARA) - Giliran komunitas musik patrol di Sidoarjo menyatakan dukungan kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 setelah dukungan serupa diberikan oleh perajin kulit di Tanggulangin Sidoarjo.

Pernyataan dukungan itu digelar di Monumen Jayandaru Sidoarjo, Selasa, yang diikuti tujuh kelompok komunitas musik patrol dari berbagai wilayah di Sidoarjo.

Koordinator lapangan kegiatan ini, Moh. Muksin, Selasa, menilai Cak Imin merupakan sosok yang sangat memahami kelestarian kesenian daerah.

"Hal itu menjadi alasan utama kami dan kawan-kawan dari tujuh komunitas patrol mendeklarasikan dukungannya," ujarnya.

Dikatakan pula bahwa sepak terjang Cak Imin sebagai pejabat pemerintahan sudah tidak diragukan lagi karena sudah sangat berpengalaman dalam berbagai hal.

Oleh karena itu, dia yakin potensi untuk pelestarian musik patrol ini sangat terbuka saat pemerintahan Republik Indonesia ini dipegang oleh Cak Imin.

"Iya, beliau sudah sangat berpengalaman. Kami sangat ingin musik patrol ini diangkat dan dilestarikan. Sosok yang paling pantas untuk hal ini, ya, Cak Imin," kata Muksin.

Muksin mengatakan bahwa kelompok seniman musik patrol jumlahnya relatif banyak di Sidoarjo.

Jika Cak Imin terpilih nanti, lanjut dia, keberlangsungan musik patrol di Kota Delta bisa sangat terjaga.

"Musik patrol ini 'kan hanya pada momen Ramadan. Ke depan kami harapkan dengan adanya sosok Cak Imin ini bisa eksis kembali musik patrol di Sidoarjo," ujarnya.

Baca juga: Guru perempuan NU di Malang dukung Gus Muhaimin jadi calon presiden

Baca juga: Deklarasi Barikade 98 Sulsel dorong Erick Thohir capres

Baca juga: Anies Baswedan nilai belum waktunya deklarasi capres

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022