Penyebaran varian Omicron sangat mudah menular dan berisiko lebih besar terhadap orang yang belum divaksin.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan peringatan Tahun Baru Imlek momentum untuk membangun kebersamaan dalam mengendalikan penyebaran COVID-19.

"Saat tren positif COVID-19 meningkat kembali, semangat kebersamaan kita sebagai satu bangsa perlu terus ditingkatkan dalam menghadapi tantangan mengendalikan penyebaran virus corona," Lestari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut Lestari, yang dibutuhkan saat ini adalah sebagai satu bangsa harus memiliki satu sikap yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa.

Penghormatan terhadap nilai-nilai keberagaman, kata dia, melalui upaya meningkatkan kebersamaan dalam menghadapi tantangan bangsa harus terus-menerus.

"Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah merebaknya kembali penyebaran virus corona di Tanah Air," ujarnya.

Menurut dia, penyebaran varian baru yang dinamai Omicron, berdasarkan pengamatan para ahli, sangat mudah menular dan berisiko lebih besar terhadap orang yang belum divaksin.

Dalam catatan Kementerian Kesehatan, Minggu (30/1), populasi yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap (dua dosis) baru mencapai 61,46 persen dari target 208,26 juta orang.

Menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, artinya masih ada hampir setengah dari target populasi belum mendapat vaksinasi lengkap.

Lestari berharap semangat saling menghormati dan kebersamaan mampu mendorong masyarakat melengkapi vaksinasi COVID-19.

"Semangat kebersamaan dan daya tahan tubuh tinggi yang kita miliki mampu melindungi bangsa ini dari ancaman peningkatan penyebaran virus corona di Tanah Air," kata Lestari.

Baca juga: Menkes: Lima orang meninggal karena Omicron di Indonesia

Baca juga: Menkes: Kerja sama berbagai pihak percepat program vaksinasi booster

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022