Jakarta (ANTARA) -
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Sekolah Partai PDIP terus memperkuat kualitas kepemimpinan kader partai, khususnya bagi kader yang menjabat kepala daerah.
 
"PDI Perjuangan terus memompakan semangat berprestasi bagi seluruh kepala daerah dengan mengadakan 'upgrading' dan sekaligus 'retooling' agar seluruh kepala daerah dari partai semakin menjalankan kepemimpinan ideologis atas dasar Pancasila dan mengejar prestasi dengan memperkuat semangat kerakyatan," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.
 
"Retooling" dilakukan dengan menghadirkan seluruh konsepsi Bung Karno guna menjalankan konsepsi Pola Pembangunan Semesta Berencana sebagai pelaksanaan jalan berdikari.

Baca juga: Hasto: Kader PDI Perjuangan harus terus tunjukkan militansinya
 
"Upgrading dilakukan untuk memerkuat kebijakan politik bagi bekerjanya ekonomi kerakyatan dan sekaligus saling berbagi pengalaman di dalam mengatasi pandemi COVID-19," kata Hasto.
 
Menurut dia, "Retooling" dan "upgrading" para kepala daerah PDI Perjuangan tersebut secara maraton dilakukan dan dibagi menjadi dua gelombang.
 
"Gelombang 1 dan 2 dilaksanakan Kamis (3/2) dan Jumat (4/2). Gelombang III pada 10 Maret 2022," tutur Hasto.
 
Dia menyebutkan, berbagai materi disampaikan seperti penjabaran ideologi Pancasila dalam kebijakan politik, ekonomi dan kebudayaan.

Baca juga: Megawati minta kader PDIP solid ikuti aturan partai
 
Selain itu, "sharing best practices" keberhasilan para kepala daerah, dan berbagai aspek strategis terkait politik anggaran guna memperkuat perekonomian rakyat yang akan disampaikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian Said Abdullah.
 
Sementara itu, hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman keseluruhan aspek hukum untuk mencegah korupsi juga disampaikan, termasuk sistem pengadaan barang dan jasa yang bebas dari korupsi.
 
"Pak Abdullah Azwar Anas dan Budi Sulistiono (Pak Kanang) akan memberikan materi khusus. Yakni terkait dengan kapasitas Azwar Anas sebagai Kepala LKPP. Dan bagaimana meningkatkan prestasi kepala daerah berdasarkan pengalaman Pak Kanang yang luas sebagai Bupati Ngawi dua periode," kata Hasto Kristiyanto.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022