edukasi dalam hal keselamatan kerja merupakan sesuatu yang penting
Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan pentingnya keselamatan kerja terkait dengan peristiwa kebakaran yang melanda relokasi Pasar Johar.

"Kami mengingatkan seluruh tempat kerja betul-betul dijaga, dicek dan ada orang yang melakukan pengecekan rutin. Kebakaran di Pasar Johar itu pasti ada sesuatu dan artinya itu terkait dengan keselamatan kerja," katanya di Semarang, Kamis.

Ganjar menilai edukasi dalam hal keselamatan kerja merupakan sesuatu yang penting dan berharap bisa dilaksanakan dimanapun.

Menurut dia, keselamatan kerja bisa dilakukan jika semua mempunyai kepedulian serta kesadaran yang sama.

"Ini menjadi perhatian kita agar seluruh tempat kerja kita pastikan aman dan nyaman," ujarnya.

Edukasi terhadap potensi-potensi kebakaran, lanjut Ganjar, harus terus dilakukan tidak terbatas untuk pekerja di lingkungan industri, tetapi juga masyarakat secara luas.

"Kalau meletakkan alat mudah terbakar itu bagaimana memberikan peringatan, bagaimana kepedulian. 'Awareness' dari pekerja itu juga penting, ini butuh kekompakan antara pihak manajemen dengan para pekerja sehingga kalau sistem udah bagus, pegawai bagus, komitmen bagus ya insyaallah keselamatannya akan terjaga, edukasi gak boleh berhenti," tegasnya.
Baca juga: Tim labfor selidiki penyebab kebakaran relokasi Pasar Johar
Baca juga: Kerumunan warga sulitkan pemadaman kebakaran relokasi Pasar Johar
Baca juga: Petugas berusaha padamkan kebakaran relokasi Pasar Johar

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022