Jakarta (ANTARA) - Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Budi Mulia menjadi lokasi sentra vaksinasi massal di Jakarta Utara untuk melayani penyuntikan vaksin dosis pertama, kedua dan ketiga atau vaksinasi penguat (booster) sejak Jumat.

Menurut Camat Pademangan Didit Mulyadi,
kegiatan vaksinasi massal dibuka di RPTRA Budi Mulia, Pademangan Barat, selama tiga hari, hingga Minggu (6/2) mendatang.

"Kuota vaksin yang disiapkan untuk 1.000 orang yang akan dibagi dalam waktu tiga hari. Untuk hari pertama, disediakan untuk 400 orang kemudian 300 orang di hari berikutnya," ujar Didit didampingi Wakil Camat Pademangan Johan Girsang, Lurah Pademangan Barat Sugiharjo Timbo, Ketua FKDM Kecamatan Pademangan Hj Ratih dan unsur terkait lainnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal itu lebih diutamakan pelayanan vaksinasi penguat (booster) dengan jenis vaksin Pfizer dan vaksinasi bagi anak untuk dosis pertama dan kedua menggunakan vaksin Sinovac.

"Lebih banyak kuota untuk vaksinasi 'booster' sekitar 700 orang dan vaksinasi anak untuk 300 anak," ujar Didit.

Baca juga: Warga bisa vaksinasi ketiga di Gelanggang Remaja Jakarta Utara

Pembukaan lokasi sentra vaksinasi massal di RPTRA Budi Mulia diharapkan memudahkan warga dalam mendapatkan layanan vaksinasi "booster".

Pengadaan kegiatan vaksinasi massal ini sebagai tindak lanjut untuk mengantisipasi risiko penularan COVID-19 varian Omicron yang penyebarannya sangat cepat.

"Segera manfaatkan layanan vaksinasi 'booster' dan tetap jaga prokes di setiap kegiatan," kata Didit.

Ia mengapresiasi semua pihak yang sudah berkolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan vaksinasi massal di RPTRA Budi Mulia.

Yakni jajaran Kecamatan Pademangan, Puskesmas Kecamatan Pademangan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Forum Komunikasi Lanjut Usia, Forum Budaya Jakarta Pesisir, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, kader Dasawisma, pengelola RPTRA serta unsur lainnya.

Baca juga: Polres Metro Jakarta Utara gelar vaksinasi anak di 15 lokasi

Hingga saat ini, capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Pademangan sekitar 81,41 persen dan sudah zona hijau. Diharapkan ini bisa berjalan lancar, mampu menjaring sebanyak-banyaknya kuota yang ada dan bisa mendorong capaian vaksinasi anak.

"Tadi juga disiapkan bingkisan berupa beras tiga kilogram bagi warga yang sudah divaksinasi," kata Didit Mulyadi.

Kegiatan vaksinasi massal tersebut disambut antusias oleh masyarakat sekitar. "Saya hanya ingin sehat dan terhindar dari virus COVID-19. Itu yang menjadi alasan saya untuk segera divaksinasi booster karena ini untuk kebaikan kita semua," kata warga RT 08 RW 02 Kelurahan Pademangan Barat, Ekawati.

Proses pendaftaran sampai penyuntikan vaksinnya tergolong cepat dan tidak ada kendala. "Bahkan saya juga dapat bingkisan beras, Alhamdulillah," ujarnya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022