Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kesiapan Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjelang ajang MotoGP 2022.

"Kita ingin memastikan semua persiapan mulai titik keberangkatan dari bandara hingga perjalanan ke bandara karena pengaturan di lokasi itu harus betul-betul disiapkan, termasuk personel kepolisian," kata Firman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia menyatakan Korlantas Polri melakukan koordinasi dengan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) serta mendengarkan masukan dari penyelenggara MotoGP 2022.

Baca juga: Dirgakkum Korlantas sebut ODOL kejahatan lalu lintas

"Kami sudah mendengar masukan dari pihak penyelenggara, nanti kita akan lanjutkan rapat di Mapolda NTB dan arahan untuk anggota," katanya.

Firman menerangkan jajarannya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait skema arus lalu lintas sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar.

"Kita ketahui bahwa sirkuit ini masih berada di sekitar lingkungan warga yang tentunya dibutuhkan adanya satu perlakuan berbeda saat "event" itu berlangsung karena masyarakat harus diberitahu," kata dia.

Baca juga: Polri wacanakan pemasangan cip pelat nomor kendaraan 2023
Baca juga: Polri ubah warna pelat nomor kendaraan bertahap tahun ini


Firman berharap masyarakat Lombok menyambut perhelatan balap MotoGP 2022 dengan senang karena Lombok menjadi tuan rumah acara tersebut.

"Ini dua hal pokok yang saya anggap penting untuk segera dilakukan, baik internal petugas, panitia, dan masyarakat sendiri yang menjadi faktor penentu, yakni rasa antusias," harap Firman.

Saat meninjau, Firman didampingi Dirgakkum Brigjen Pol Aan Suhanan, dan Dirkamsel Brigjen Pol Chryshnanda. Hadir pula Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, Kabagops Kombes Pol Eddy Djunaedi hingga Dirut PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022