agar bisa mengolah lumpur jadi 'coneblock'
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melatih para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk mengolah lumpur menjadi bata beton (coneblock).

"Kita rekrut anggota PPSU yang punya pengalaman membuat 'coneblock' dan kita minta latih yang lain agar bisa mengolah lumpur jadi 'coneblock'," kata Camat Kembangan Joko Mulyono saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Jika hal ini bisa dijalankan, katanya, maka program mengubah lumpur yang sering menyumbat saluran air menjadi barang yang berguna.

Awalnya, Joko berencana akan mengundang pihak akademisi untuk meminta masukan terkait bahan yang cocok membuat "coneblock".

Baca juga: Jakarta Barat akan ubah lumpur saluran air jadi bata beton

Namun, karena pihak akademisi berhalangan hadir, dia akhirnya memanfaatkan petugas PPSU yang berpengalaman membuat "coneblock".

Nantinya, setelah para PPSU dilatih, pihaknya akan memulai uji coba pembuatan 'coneblock'. Uji coba tersebut akan menentukan apakah bahan "coneblock" tersebut kuat atau tidak.

Berdasarkan hasil uji coba itu pula, Joko akan menentukan berapa nilai ekonomisnya jika "coneblock" tersebut dijual ke pasaran.

"Mungkin kita akan mulai uji coba pada dua pekan mendatang, diperkirakan akhir bulan ini akan kita coba," jelas Joko.

Baca juga: Inovasi beton mahasiswa UKP jadi juara internasional

Sebelumnya, munculnya ide ini bermula dari banyaknya temuan lumpur di beberapa saluran kawasan Kembangan saat dilakukan pembersihan.

Joko pun memilih untuk memanfaatkan kembali lumpur tersebut dibandingkan membuangnya langsung ke tempat pembuangan.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022