mereka sengaja tidak langsung mengeluarkan banyak untuk menjaga aksi borong yang dilakukan warga,
Cianjur (ANTARA) - Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur, Jawa Barat, menemukan stok minyak goreng di sejumlah distributor yang masih tersedia namun belum di salurkan dengan alasan untuk menghindari aksi borong dari warga serta menghindari kelangkaan.

Kepala Diskoperindag Cianjur, Tohari Sastra di Cianjur Jumat, mengatakan pihaknya langsung menggelar sidak ke sejumlah toko swalayan dan distributor minyak goreng, untuk memastikan ketersediaan stok minyak goreng yang kosong di sejumlah toko swalayan.

"Kami langsung mendatangi sejumlah distributor minyak goreng untuk melihat stok yang tersedia, ternyata ada, namun mereka sengaja tidak langsung mengeluarkan banyak untuk menjaga aksi borong yang dilakukan warga, sehingga saat stok baru datang tidak sampai terjadi kelangkaan," katanya.

Namun pihaknya tetap memberikan peringatan pada distributor, tidak sampai menimbun stok minyak goreng untuk mencari keuntungan semata dan menyebabkan harga tetap mahal karena pemerintah sudah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng.

Saat melakukan sidak, tambah dia, pihaknya mendapati harga minyak goreng curah yang masih tinggi di angka Rp 20.000 per liter. Namun penjual berdalih stok minyak yang mereka miliki stok lama, sehingga masih dijual mahal, namun mereka akan menerapkan HET setelah mendapat stok baru pekan ini.

"Kami sudah meminta distributor dan toko swalayan untuk tidak membatasi stok yang dijual, agar warga tidak kesulitan mencari minyak goreng. Kami juga mendorong agar agen atau distributor menambah stok ke pasar tradisional agar stok tetap ada," katanya.

Bahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog dan supliyer minyak goreng untuk menggelar operasi pasar dan bazar murah, untuk menurunkan kembali harga minyak goreng di pasaran yang masih tinggi dengan dalih penjual stok lama yang dibeli dengan harga tinggi.

"Kalau pekan depan masih mahal dan kekosongan di sejumlah swalayan, kita akan menggelar operasi pasar dan bazar minyak goreng murah, sebagai upaya menurunkan harga. Sanksi tegas juga akan dilakukan terhadap agen atau distributor yang menimbun minyak goreng," katanya.

Baca juga: Kementerian BUMN bersama Pemkab Cianjur gelar operasi minyak goreng
Baca juga: Jabar gelar operasi pasar murah minyak goreng di 11 kabupaten/kota
Baca juga: Pemprov Jawa Barat pantau toko penjualan minyak goreng murah

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022