Grenoble, Prancis (ANTARA News) - Cadel Evans akan menjadi pebalap Australia pertama yang menjuarai Tour de France setelah mengatasi ketertinggalannya dari Andy Schleck pada etape kedua terakhir yang merupakan nomor time trial, Sabtu.

Pebalap BMC itu memulai balapan 42,5km itu dengan selisih 57 detik dari Schleck dalam klasemen umum pebalap, tapi dengan mudah menghapus semua itu dalam langkahnya meraih posisi kedua pada etape tersebut di belakang juara etape Tony Martin dari Jerman.

Artinya, Evans akan memasuki etape terakhir hari Minggu (24/7) yang menempuh 95km dari Creteil hingga Paris - yang biasanya tidak diperselisihkan oleh para pesaing di klasemen umum - sebagai juara beru balapan tersebut.

Evans, "runner-up" pada 2007 dan 2008, akan menggantikan juara tiga kali asal Spanyol Alberto Contador yang mengalami kegagalan dramatis pada etape hari Kamis dan keluar dari persaingan.

Pebalap HTC-Highroad Martin, yang memulai balapannya lebih awal hari itu saat lintasan sedang mengering setelah hujan, mencatat waktu kemenangan 55 menit 33 detik.

Evans hanya terpaut tujuh detik di belakangnya dengan waktu 55:40, sementara Schleck hanya bisa melintasi garis finis di posisi ke-17 dalam waktu 58:11.

Menghadapi etape terakhir hari Minggu (24/7), Evans, juara dunia 2009, mempertahankan keunggulan meyakinkan 1:34 atas Andy Schleck, sementara kakaknya, Frank Schleck, akan menempati posisi ketiga dengan terpaut 2:30.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011