Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Spanyol Carlos Rodriguez Cano dari tim Ineos Granadier memanfaatkan rivalitas antara Jonas Vingegaard dengan Tadej Pogacar dan menyalip kedua pesaing serius Tour de France itu untuk memenangi etape 14 di Morzine Les Portes Du Soleil, Prancis, Sabtu.

Setelah menyalip dua pebalap juara itu, Rodriguez melesat tak terkejar menuju turunan col de Joux-Plane dan menjadi pebalap Spanyol termuda yang meraih kemenangan etape di Tour de France pada usia 22 tahun.

Pogacar finis kedua di depan Vingegaard, namun sang pebalap Denmark masih mempertahankan kaus kuning sebagai pemuncak klasemen umum sementara dengan margin 10 detik dari rivalnya asal Slovenia itu, demikian laman resmi Tour.

Sebanyak 16 pebalap yang memisahkan diri dari peloton berkumpul kembali di depan pada 30km terakhir etape yang start dari Annemasse itu.

Vingegaard dengan rekan-rekannya di tim Jumbo-Visma mengawali serangan menuju col de Joux-Plane.

Baca juga: Vingegaard jaga kaus kuning setelah Pogacar menyerang di etape 13

Namun, pada 3,7km terakhir dari tanjakan tersebut Pocagar menyerang dan mampu mempertahankan jarak empat detik di depan sang rival asal Denmark pada 2km terakhir.

Vingegaard tak mau menyerah dan melakukan sprint untuk menyalip sang pebalap tim UAE Emirates saat menanjak.

Pogacar mencoba menyerang juara bertahan itu lagi di puncak tanjakan sepanjang 17km tersebut namun terhalang lintasan yang menyempit karena banyaknya para penonton dan sepeda motor marshal yang membawa fotografer.

Malahan, Vingegaard merebut bonus delapan detik di puncak dan memimpin klasemen tanjakan di col de Joux-Plane.

Menghindari persaingan di tanjakan, Rodriguez melesat setelah turunan dan melaju sendirian di depan pada 8km menuju finis diikuti Pogacar yang beradu sprint dengan Vingegaard untuk merebut tempat kedua.

Baca juga: Pogacar menangi duel tanjakan pada etape 6 Tour de France

"Saya tidak ingin menghabiskan energi pada hari ini mencoba untuk menyerang. Pada akhirnya, break yang saya lakukan membawa saya sampai ke garis finis. Saya hanya berharap membuat pilihan yang tepat dengan tetap berada di peloton," kata Rodriguez.

Kemenangan itu membawa Rodriguez ke peringkat tiga klasemen umum dengan margin empat menit 43 detik, menggeser Jai Hindley yang tertinggal satu detik di peringkat empat.

Pada awal etape hari ini, menyusul hujan deras, balapan diwarnai oleh insiden jatuhnya beberapa pebalap di tikungan pada 5km pertama sehingga memaksa penyelenggara menunda jalannya lomba selama 25 menit.

Tercatat sebanyak 25 pebalap terjatuh dan menghalangi sekira 50 lainnya karena sebagian besar yang terjatuh kewalahan menunggangi kembali sepedanya menyusul kecelakaan dalam kecepatan sekira 50kpj itu.

Baca juga: Izagirre rebut etape 12, Vingegaard jaga kaus kuning Tour de France
Baca juga: Tour de France Femmes 2024 siap dimulai di Rotterdam usai Olimpiade

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023