Monterey, California (ANTARA News/AFP) - Pebalap Yamaha dari Spanyol Jorge Lorenzo melakukan latihan spektakuler sampai akhirnya menempati urutan start pertama pada kejuaraan MotoGP Amerika Serikat Grand Prix yang berlangsung Sabtu waktu setempat di Laguna Seca Raceway.

Lorenzo, yang bersaing dengan pebalap Australian Casey Stoner dalam pengumpulan poin, membukukan waktu tercepat pada kualifikasi dengan waktu satu menit 21,202 detik, sedangkan Stoner tercepat kedua dengan waktu 1:21.274.

Rekan setim Stoner di atas Honda, Dani Pedrosa dari Spanyol di urutan ketiga dan rekan Lorenzo yang memacu Yamaha, Ben Spies, berada di urutan keempat.

Posisi Pole Lorenzo yang kedua musim ini terjadi setelah ia berhasil tampil tercepat pada latihan bebas dan terakhir yang ketiga pagi harinya.

Pembalap Spanyol itu, juara di Laguna Seca tahun lalu dan sebagai juara bertahan, sempat mengalami insiden pada awal latihan ketika kendaraannya slip dan ia terlempar ke atas.

Setelah beberapa saat tergeletak, ia bangkit dan keluar dari lintasan. Setelah menjalani pemeriksaan medis, ia diijinkan kembali melakukan latihan.

Pedrosa, juara di Jerman GP minggu lalu, terpaut waktunya 183 detik pada babak kualifikasi dengan pembalap tercepat itu.

Pembalap Amerika, Spies, merasa bahagia berlomba di depan penontonnya sendiri, setelah membukukan kemenangan di Assen awal musim ini, terpaut 376 detik di belakang Lorenzo.

Pembalap Amerika itu memiliki pengalaman banyak di Laguna Seca, tempat ia memenangi tiga kejuaraan SuperBike.

Pembalap dari Italia, Marco Simoncelli, yang berada pada posisi pole di atas Honda di Barcelona dan Assen musim ini, merupakan pebalap kelima tercepat.

(SYS.A008)(A011) 

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011