Chicago (ANTARA News/AFP) - Gol yang tercipta pada babak kedua membuat klub Liga Utama Inggris Manchester United menang 3-1 pada laga persahabatan melawan klub Major League Soccer (MLS) Amerika, Chicago Fire, Sabtu waktu setempat.

Gol Wayne Rooney pada menit ke-66 membuat klub raksasa Inggris itu mendapat sambutan hangat pada pertandingan disaksikan 61.308 penonton di Soldier Field, lapangan milik klub NFL, Chicago Bears.

Rafael Da Silva mencetak gol lainnya pada menit ke-76th, dengan menggiring bola melewati lini bertahan lawan dan menggunakan tendangan kaki kiri ketika menundukkan penjaga gawang Jon Conway.

Nani melahirkan gol lainnya pada menit ke-82 sekaligus membungkus kemenangan mereka.

David de Gea, penjaga gawang berusia 20 tahun yang terikat kontrak lima tahun dengan Manchester United pada Juni setelah menolong Spanyol memenangi kompetisi usia di bawah 21 tahun Eropa, menyerang ketika pertama kali dijebol lawan, tetapi ia dengan lihai melakukan beberapa kali penyelamatan gawangnya.

De Gea, yang diharapkan dapat menggantikan Edwin van der Sar sebagai penjaga gawang nomor satu United setelah pemain veteran Belanda itu mundur bulan lalu, dengan gesit menjinakkan tendangan jarak pendek yang dilancarkan Patrick Nyarko beberapa saat sebelum turun minum.

Chicago melakukan tekanan bertubi-tubi ke kubu tim asuhan Alex Ferguson yang rata-rata turun dengan pemain muda itu.

Fire seperti meledak ketika pada menit ke-13 menggebrak barisan bertahan United sampai akhirnya tendangan bebas yang dilancarkan Marco Pappa diterima dengan apik oleh pemain bertahan mereka Cory Gibbs yang ia dengan cekatan menggetarkan gawang tim Inggris itu.

Fire, yang berada di bagian bawah klasemen Wilayah Timur MLS, bekerja keras dan bertahan sehingga tekanan lawan itu selalu merengsek ke dekat gawang mereka pada babak pertama.

United, yang dalam tur Amerika Utara menang 4-1 atas New England dan 7-0 atas Seattle, menurunkan pemain kawakan pada babak kedua ketika Fergusson menurunkan Rooney, Ryan Giggs, Park Ji-Sung dan Rio Ferdinand.

Rooney membawa peranan besar ketika melewati pemain bertahan Fire Josip Mikulic dan menerusakan bola kepada Conway, saat dengan cepat menyamakan kedudukan.(*)
(A008/A011) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011