Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tedong Selar II-VIII-28 untuk mendukung pelaksanaan "Serbuan Vaksinasi Maritim" di Desa Tambun, Pulau Talise, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Sabtu.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan bahwa ini untuk mendukung program pemerintah tentang vaksinasi.

"Kegiatan tersebut juga dilaksanakan sebagai upaya TNI AL untuk melindungi masyarakat yang berada di kepulauan dari penularan COVID-19, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan aman," katanya.

Baca juga: 130,7 juta warga Indonesia sudah dapat dosis lengkap vaksin COVID-19

Menurut Danlantamal VIII bahwa kegiatan ini juga merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal mengajak masyarakat Pulau Talise, untuk mengikuti kegiatan tersebut agar terbentuk kekebalan tubuh melalui vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga supaya terhindar dari COVID-19.

"Berharap juga agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, di manapun berada," katanya.

Pada serbuan vaksinasi ini, Lantamal VIII menurunkan dua dokter, vaksinator, serta tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII dan beberapa prajurit dan Babinpotmar untuk membantu mengamankan kegiatan vaksinasi dibantu Puskesmas Mubune Likupang.

Dalam serbuan vaksinasi di kepulauan, Lantamal VIII menyiapkan 300 dosis vaksin mulai Sinovac, Astrazeneca maupun Pfizer.

Baca juga: Mendagri terbitkan instruksi pencegahan COVID-19 di MotoGP Mandalika
Baca juga: Epidemiolog: Indonesia bisa keluar dari pandemi lewat tegakkan prokes

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022