Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah DKI Jakarta pada Minggu.
 
"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari, serta Kepulauan Seribu pada dini hari," demikian pernyataan peringatan dini BMKG yang dilansir dari laman www.bmkg.go.id pada hari Minggu.
 
Disebutkan pula bahwa situasi cuaca pada pagi hari di wilayah administrasi Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprakirakan mengalami hujan ringan, sementara Jakarta Pusat dan Jakarta Timur berawan.
 
Beranjak pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diprakirakan hujan ringan, sedangkan wilayah lainnya berawan.
 
Pada malam hari, seluruh wilayah di DKI Jakarta diprakirakan berawan.
 
Namun, BMKG mengingatkan wilayah penyangga Ibu Kota, seperti Bogor dan Depok, diperkirakan mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari.
 
Hujan di wilayah Bogor memengaruhi debit Bendung Katulampa yang melintas melalui Kali Ciliwung menuju Ibu Kota Jakarta, sedangkan hujan di Depok berkontribusi pada peningkatan debit di hulu Kali Sunter.
 
Untuk wilayah penyangga lainnya, seperti Bekasi dan Tangerang, diprakirakan hujan ringan pada siang hari.
 
Sementara itu, untuk suhu udara di provinsi DKI Jakarta diprakirakan 23—31 derajat Celsius dengan kelembapan udara diprediksi berkisar 75—100 persen.

Baca juga: Pertumbuhan awan Cumulonimbus intensif sebabkan angin kencang

Baca juga: Sebagian wilayah Jakarta hujan ringan pada Sabtu

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022