Jakarta (ANTARA) - Microsoft telah memperbarui layanan mesin pencariannya yaitu Microsoft Edge mulai dari kehadiran multiprofil hingga keamanan yang lebih ketat untuk pengguna sehingga bisa lebih aman saat berselancar di ruang digital.

Melansir XDA Developers, Minggu, pengguna yang sebelumnya hanya bisa memiliki satu profil Microsoft Edge kini dapat memiliki beragam profil atau bisa disebut dengan multiprofil.

Misalnya untuk anda yang merupakan pelajar anda bisa mengatur profil khusus mode sekolah, dan ketika tidak sedang berselancar untuk keperluan sekolah anda bisa mengganti profil lainnya sehingga pengalaman berselancar di ruang virtual menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Microsoft perluas kehadiran Edge untuk Android dan iOS

Microsoft juga mengatakan telah menambahkan mode keamanan baru di Edge dengan menambahkan lapisan perlindungan ekstra bagi penggunanya.

Tidak dijelaskan secara spesifik oleh perusahaan terkait mode keamanan ini, tetapi Microsoft menjamin pengguna dari eksploitasi privasi dan data akibat pengembang- pengembang aplikasi yang nakal.

Perlu dicatat bahwa Microsoft sedang mengerjakan "Mode Aman Super Duper" musim panas lalu, yang dapat diuji pengguna di saluran Edge Insider.

Fitur itu menonaktifkan kompiler JIT untuk JavaScript untuk mengurangi jumlah kerentanan yang dapat dieksploitasi dengan mengorbankan beberapa kinerja dalam beberapa skenario.

Ketika anda mencoba mengaktifkan fitur itu di pengaturan halaman pencarian anda, Microsoft memperingatkan Anda bahwa beberapa situs mungkin berhenti bekerja.

Hal itu dapat terjadi jika Anda mengaktifkan fitur ini dalam mode ketat, yang membuat keamanan ekstra di setiap situs web diterapkan.

Jika Anda memilih mode Seimbang, situs yang paling sering anda kunjungi tidak akan terpengaruh oleh lapisan keamanan dan terus berfungsi seperti biasa, seperti yang dijelaskan di halaman dukungan.

Di luar itu, pembaruan ini hadir dengan desain taskbar Windows 11 yang baru juga diperbarui.

Microsoft Edge secara cuma- cuma anda dapatkan jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11.

Baca juga: Microsoft Edge kini punya "Kids Mode"

Baca juga: Microsoft 365 setop Internet Explorer mulai tahun depan

Baca juga: Deretan keunggulan Edge, peramban baru dari Microsoft

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022