Suva (ANTARA) - Sebuah stasiun bumi (ground station) sementara akan didirikan di Fiji untuk menyediakan gerbang jaringan internet bagi Tonga, yang terputus dari layanan internet pascaletusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang disusul tsunami bulan lalu.

Penjabat Perdana Menteri Fiji Aiyaz Sayed-Khaiyum pada Jumat (4/2) mengonfirmasikan bahwa sebuah tim yang terdiri dari para insinyur perusahaan antariksa swasta AS, SpaceX, sedang berada di Fiji.

Sayed-Khaiyum, yang juga menjabat sebagai menteri komunikasi Fiji, mengatakan bahwa para insinyur akan mendirikan dan mengoperasikan sebuah stasiun bumi sementara di Fiji untuk menyediakan gerbang jaringan internet bagi Tonga selama enam bulan.
 
Foto yang diabadikan pada 19 Januari 2022 ini menunjukkan sebuah resor pantai yang diterjang tsunami di pinggiran Nuku'alofa, ibu kota Tonga. (Xinhua/Resor Pantai Ha'atafu)


"SpaceX telah mengajukan permohonan izin telekomunikasi darurat sementara ... Namun demikian, SpaceX dan Fiji International Telecommunications Pte Limited saat ini sedang melakukan negosiasi komersial untuk bersama-sama mendirikan stasiun bumi dan terhubung ke gerbang jaringan internet Fiji," tutur Sayed-Khaiyum.

Erupsi dahsyat dari gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, sekitar 65 km di sebelah utara ibu kota Tonga, Nuku'alofa, telah merusak kabel serat optik bawah laut yang membuat Tonga tidak memiliki koneksi internet yang bisa diandalkan.

Sementara itu, menurut situs berita Tonga, Matangi Tonga Online, Direktur Eksekutif (CEO) Tonga Cable Ltd. James Panuve mengatakan pada Jumat yang sama bahwa kabel telekomunikasi dasar laut Tonga yang terputus tidak berada di tempat yang seharusnya.

Sebuah upaya pencarian pada Kamis (3/2) malam waktu setempat menggunakan kendaraan jarak jauh (remotely operated vehicle/ROV) dari kapal perbaikan kabel Reliance tidak dapat menemukan titik terputusnya kabel setelah kapal tersebut tiba di lokasi pada Kamis itu, tutur Panuve.
 
Foto yang diabadikan pada 19 Januari 2022 ini menunjukkan sebuah resor pantai yang diterjang tsunami di pinggiran Nuku'alofa, ibu kota Tonga. (Xinhua/Resor Pantai Ha'atafu


Mereka telah mencoba menemukan titik terputusnya kabel, tetapi gelombang tsunami tampaknya telah menghanyutkan kabel, kata Panuve.

Sambungan kabel internasional terletak sekitar 44 km sebelah selatan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, ujarnya.

Panuve menambahkan bahwa kabel domestik Tonga terletak sekitar 7-8 km sebelah timur gunung berapi itu, tetapi titik terputusnya kabel berada sekitar 22 km sebelah tenggara gunung berapi.

Dia mengatakan perkiraan waktu untuk memperbaiki sambungan kabel internasional adalah sepekan, tetapi dapat lebih lama atau lebih cepat karena benar-benar bergantung pada tingkat kerusakan setelah mereka berhasil menemukan titik terputusnya kabel.

Bagi kabel domestik Tonga, mereka akan membutuhkan waktu sekitar sepekan ke depan untuk memeriksanya, imbuh Panuve.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022