Monterrey, Kalifornia (ANTARA News) - Pebalap asal Australia yang mengendarai Honda, Casey Stoner, menempatkan diri di puncak klasemen sementara kejuaraan dunia MotoGP, Minggu, setelah dengan perkasa memenangi perlombaan Amerika Serikat Grand Prix di Laguna Seca Raceway.

Stoner menyalib jagoan dari Spanyol Jorge Lorenzo pada putaran ke-27 dari 32 lap yang harus diselesaikan pada lintasan yang membutuhkan kemahiran teknik untuk menaklukkannya, sehingga kini poinnya menjadi 193, lebih banyak 20 poin dari juara dunia bertahan Lorenzo, yang mengawali lomba dari posisi pole setelah mengalami kecelakaan saat latihan Sabtu.

Rekan setim Stoner dari Repsol Honda, Dani Pedrosa dari Spanyol berada di urutan ketiga.

Stoner memenangi lomba itu dengan waktu 43 menit 52,145 detik, lebih dari lima detik di depan Lorenzo.

Pebalap Australia berusia 25 tahun itu membukukan kemenangan kelima musim ini, menoreh kemenangan ke-28 selama karirnya dan kini melewati Lorenzo, yang mengalahkannya tahun lalu.

Lorenzo melakukan start dengan bagus dan memimpin terus sampai akhirnya Stoner melewatinya dan mencapai batas akhir dengan beda waktu 5,634 detik.

Pedrosa melaju dengan stabil sejak ia meluncur dari posisi gerak awal ketiga dan terpaut sembilan detik dengan sang juara.

Pebalap Italia dari tim Repsol Honda, Andrea Dovizioso, mengakhiri lomba di urutan kelima di belakang rekan setim Lorenzo, Ben Spies dari Amerika Serikat. Dovizioso berada di urutan ketiga klasemen dengan simpanan 143 poin.

Pebalap Ducati Valentino Rossi dan Nicky Hayden berada di urutan keenam dan ketujuh.

Alvaro Bautista membuntuti mereka tapi ia akhirnya mengalami masalah ketika Suzuki yang dikendarinya tergelincir. Pebalap dari Italia Marco Simoncelli darn dari Inggris Cal Crutchlow juga gagal menyelesaikan lomba.

Pebalap dari Prancis Randy de Puniet tidak melakukan start karena cedera bersama Ducati yang ditumpanginya, karena mengalami kecelakaan pada babak kualifikasi Sabtu.
(A008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011