Rumah Isolasi Terkonsentrasi ini terbatas
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan tempat isolasi mandiri tambahan di Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) sebagai antisipasi terkait kenaikan kasus harian COVID-19.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Senin mengatakan saat ini ada tiga RIT yang difungsikan dengan total 177 ruangan yakni RIT PKM Jurumudi, RIT PKM Batu Sari, RIT Sudimara Pinang.

Saat ini, di tiga RIT tersebut sudah terisi 118 pasien dan 59 tempat tidur yang kosong. Sebagai antisipasi Pemkot sudah siapkan SMP 30 sebagai RIT tambahan dengan kapasitas 196 tempat tidur.

"Kita siapkan antisipasi dengan adanya kenaikan kasus COVID-19. RIT tambahan sudah disiapkan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang menjalani isolasi mandiri," ujarnya.

Baca juga: Capai 120 persen, ruang isolasi COVID-19 di Tangerang lebihi kapasitas
Baca juga: Gubernur Banten: Tangerang Raya disepakati tidak ada PTM

Sementara itu untuk Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit saat ini sudah mencapai 42 persen. Dinas Kesehatan terus melakukan koordinasi dengan manajemen RS dalam memastikan tempat perawatan warga yang jalani isolasi dan penanganan seperti ICU. "Kita juga tingkatkan tracing dalam menekan penularan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengungkapkan Rumah Isolasi Terkonsentrasi dikhususkan bagi masyarakat yang tidak memiliki kelayakan tempat isolasi di rumah.

"Karena Rumah Isolasi Terkonsentrasi ini terbatas apabila rumahnya masih memungkinkan silahkan isolasi di rumah tapi kalau tidak memungkinkan bisa isolasi di RIT," Kata Kadinkes.

Baca juga: Pemkab Tangerang aktifkan kembali tempat isolasi terpadu COVID-19

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022