Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 menjadi momentum bagi insan pers untuk lebih membangun persatuan bangsa.

"Pers sudah seharusnya mengambil peran sebagai perekat anak-anak bangsa. Mampu membangun komunikasi yang mempersatukan bangsa, mengikis polaritas yang terjadi dan menjauhkan dari narasi-narasi yang memecah-belah," ujarnya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin.

Menurut dia, masih tajamnya polarisasi di masyarakat, disertai banyaknya berita bohong atau hoaks bisa berujung pada perpecahan bangsa sehingga pers diharapkan mampu menangkalnya.

Baca juga: Dewan Pers sebut HPN 2022 momen adaptasi dunia digital

Upaya tersebut, kata LaNyalla, bisa dilakukan dengan menyajikan informasi yang kredibel, akurat, bermanfaat dan berkualitas di tengah perkembangan teknologi terutama informasi yang sangat cepat melalui media sosial.

"Pers harus bisa menjadi tempat verifikasi berita yang beredar di masyarakat. Karena, faktanya media sosial juga memberi informasi yang terkadang kredibilitas narasumber dan akurasi data yang disajikan tidak jelas," ucap senator asal daerah pemilihan Jatim tersebut.

Perayaan HPN 2022, lanjut dia, juga diharapkan bukan sekadar seremonial, namun lebih diutamakan pada implementasi di lapangan.

"Artinya pers Indonesia membangun dirinya semakin ideal, terpercaya, mampu menyajikan solusi-solusi dan membangun persepsi publik terhadap permasalahan yang terjadi," katanya.

LaNyalla meminta tidak ada lagi jurnalis abal-abal, tidak memiliki kartu identitas yang sah serta tidak menjalankan keprofesian dengan baik.

"Identitas pers harus jelas agar bisa mempertanggungjawabkan karya-karya jurnalistiknya," tutur mantan ketua umum PSSI tersebut.

Sementara itu, puncak perayaan peringatan HPN tahun ini diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara pada Rabu (9/2) dan dijadwalkan Presiden Joko Widodo hadir secara virtual.

Rangkaian acara diawali Pameran Potensi Daerah, UMKM, Ekonomi Kreatif, Pers, dan Festival Kuliner. Selanjutnya ada panggung hiburan diisi parade seni budaya Indramayu, Sumba, Magetan, Buton, serta sayembara puisi.

Diselenggarakan juga bakti sosial, Konvensi Media Massa, Seminar Nasional Energi, Seminar Nasional Pariwisata, dan Seminar PEN serta Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro secara luring.

Baca juga: Ketua MPR: "Publisher rights" bangun kedaulatan digital nasional
Baca juga: Ketua DPD minta penerapan PPKM di daerah kasus Omicron tinggi
Baca juga: PWI dorong pers nasional perbaiki kualitas dan jaga independensi

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022