Saat ini survei seismik dua dimensi vibroseis telah rampung di Jawa Barat, sebagian besar area di Jawa Tengah, dan telah memulai pekerjaan topografi di sebagian area Jawa Timur
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi (PHR) telah merampungkan 10.000 titik survei seismik dua dimensi vibroseis dari target 25.000 titik yang terbentang sepanjang 1.000 kilometer di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Direktur Eksplorasi PHR Medy Kurniawan mengatakan survei seismik dua dimensi vibroseis merupakan salah satu upaya eksplorasi membuka potensi sumber daya minyak dan gas bumi baru dengan pengambilan data bawah permukaan di area sub vulkanik.

"Saat ini survei seismik dua dimensi vibroseis telah rampung di Jawa Barat, sebagian besar area di Jawa Tengah, dan telah memulai pekerjaan topografi di sebagian area Jawa Timur," kata Medy dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Pelaksanaan survei akan menggunakan truk vibroseis sebagai sumber seismik yang akan bekerja di sepanjang jalan yang sudah ditentukan. Dalam survei ini juga digunakan wireless technology receiver yang hanya cukup ditancapkan di permukaan tanah, sehingga memiliki nilai efisiensi yang lebih baik.

Dukungan teknologi vibroseis dan wireless technology receiver menjadikan kegiatan survei ini lebih ramah lingkungan dibanding metoda seismik pada umumnya, yaitu dengan menggunakan explosive seismic source.

Saat ini, kegiatan survei seismik dua dimensi vibroseis berjalan dengan aman, lancar, menerapkan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat dan telah mencatatkan 552.528 jam kerja tanpa kecelakaan dan insiden.

Pejabat Sementara Vice President Exploration Technical Excellence & Coordination Subholding Upstream Pertamina Farid Rochmadianto menjelaskan pihaknya melaksanakan kegiatan audit dan review kinerja operasi kegiatan survei seismik dua dimensi vibroseis di area Caruban yang saat ini menjadi basecamp (command centre) sebagai upaya menciptakan operation excellent pada kegiatan operasi di lingkungan eksplorasi.

"Kegiatan audit dan review kinerja operasi yang dilakukan ini menandai progress vibroseis di atas 10.000 titik vibroseis dari target 25.000 titik vibroseis yang direncanakan," ujar Farid.

Farid mengharapkan audit dan review ini dapat meningkatkan kualitas pekerjaan yang sejalan dengan kepatuhan terhadap HSSE dan implementasi nyata nilai-nilai AKHLAK dalam seluruh kegiatan operasional.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kinerja positif yang telah dicapai secara on time on budget on schedule (OTOBOS).

Dalam pelaksanaan kegiatan seismik vibroseis, jajaran fungsi eksplorasi, HSSE dan Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina dan Elnusa selalu melakukan kegiatan sosialisasi langsung ke masyarakat dan stakeholder terkait di masing masing daerah.

"Selain sosialisasi sebelum pelaksanaan pekerjaan, upaya restorasi dan reklamasi pada area terdampak harus selalu dilakukan sebelum meninggalkan lokasi survei seismik," pungkas Farid.

Baca juga: SKK Migas-Pertamina lakukan survei seismik terpanjang di Jawa
Baca juga: Pertamina cari sumber migas sampai ke area subvulkanik di Pulau Jawa
Baca juga: Cari cadangan migas, Pertamina EP selesaikan survei seismik 3D

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022