Penajam, Kaltim (ANTARA) -
Jumlah warga yang dinyatakan positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, bertambah sebanyak 12 orang, sehingga total warga yang masih positif menjadi 35 orang.
 
"Mengingat adanya lonjakan jumlah positif, maka kami fokuskan surveilans dan kembali mengingatkan masyarakat atas pentingnya menjaga protokol kesehatan (prokes)," ujar Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Selasa.
 
Selain melakukan surveilans berupa pengamatan sistematis, mengumpulkan data dan informasi tentang kejadian yang mempengaruhi terjadinya penularan kasus, pihaknya juga terus melakukan vaksinasi dosis 2 hingga dosis 3, kemudian mengingatkan warga menjaga prokes.
 
Prokes yang selalu diingatkan adalah disiplin menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan, beretika ketika batuk atau bersin, tidak melakukan kegiatan yang dapat menghadirkan banyak orang, dan membatasi aktivitas.

Baca juga: Kabupaten Penajam Paser Utara sebut tak ada warga positif COVID-19

Baca juga: Positif COVID-19 Kabupaten PPU tinggal empat orang


Sebanyak 35 kasus COVID-19 aktif tersebut tersebar pada empat kecamatan di PPU, yakni Kecamatan Penajam 17 kasus, Waru 5 kasus, Babulu  4 kasus, dan di Kecamatan Sepaku terdapat 9 kasus.
 
Selain adanya penambahan 12 positif, Kabupaten PPU hari ini juga terdapat penambahan 2 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh, sehingga total sembuh dari COVID-19 sejak Maret 2020 hingga hari ini sebanyak 4.229 orang.
 
Ia juga mengatakan total kasus positif COVID-19 di Kabupaten PPU sejak 22 Maret 2020 hingga 8 Februari 2022 sebanyak 4.495 orang.
 
"Perkembangan dari total positif COVID-19 sebanyak ini adalah 4.229 orang telah sembuh, pasien yang menjalani isolasi mandiri ada 33 orang, jumlah positif yang dirawat di rumah sakit ada 2 orang, dan total positif COVID-19 yang meninggal ada 231 orang," katanya.
 
Hari ini di PPU juga terdapat penambahan 10 kasus suspek COVID-19, sehingga total suspek sejak 22 Maret 2020 hingga 8 Februari 2022 sebanyak 6.156 kasus. Dari jumlah ini, antara lain ada satu suspek yang masih dirawat di rumah sakit, dan total meninggal dengan komorbid sebanyak 32 orang.*

Baca juga: Setelah beberapa hari nihil, kasus positif bertambah 3 di PPU

Baca juga: PPKM Kabupaten PPU dinaikkan ke level 3

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022