AsiaNet 45712

SINGAPURA, 28 Juli 2011 (ANTARA/PRNewswire-Asia - AsiaNet) --

     Keanggotaan, volume perdagangan, omset meningkat sepanjang masa

     -- Volume perdagangan berjumlah 9.659 kontrak
     -- Omset perdagangan melampaui USD 350 juta
     -- Keanggotaan naik lebih dari dua kali lipat sebanyak lebih dari 50 anggota

     Singapore Mercantile Exchange (SMX), bursa komoditi beragam produk dan derivatif mata uang lintas Asia pertama, kemarin menciptakan rekor baru saat volume perdagangan mencapai jumlah tertinggi yang historis sebanyak 9.659 kontrak dan omset melampaui USD 350 juta. Perdagangan pada SMX terus-menerus mengalami kenaikan volume perdagangan dan omset dalam beberapa minggu terakhir.

     SMX yang didirikan pada tanggal 31 Agustus 2010 telah mengalami kenaikan jumlah anggota dua kali lipat dalam 11 bulan terakhir yang melampaui 50 anggota. Bursa tersebut dimulai dengan 25 anggota dan empat kontrak dan saat ini memiliki lebih dari 50 anggota, termasuk 7 anggota kliring dan 11 kontrak.

     Ang Swee Tian, Presiden Komisaris SMX, berkata: "Sejak awal, SMX fokus pada pelaksanaan sistem dan proses manajemen risiko yang kuat dan kami sekarang mencapai titik perubahan. Kepercayaan dan dukungan di pasar akan membantu SMX menempatkan Singapura sebagai pusat perdagangan komoditas global dari Asia."

     Jignesh Shah, Wakil Preskom, SMX dan CEO Kelompok - Financial Technologies Group berkata, "SMX seperti proyek infrastruktur dan kami memiliki pengalaman yang cukup dalam mengatur dan mengelola bursa yang belum pernah dioperasikan (greenfield) di berbagai benua. Kami senang bahwa salah satu proyek global kami yang paling bergengsi -- SMX -- berada di jalur yang benar untuk menjadi hub (pusat) perdagangan komoditas dan pembandingan harga di Asia untuk seluruh dunia.

     V Hariharan, CEO sementara SMX, berujar: "Tim SMX amat senang atas pencapaian baru ini dan kami melihat peningkatan traksi lebih jauh lagi karena kontrak baru yang berpusat di Asia diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan. Kami meningkatkan jumlah mata uang dan juga akan melakukan beberapa kontrak pertanian serta non-pertanian dalam beberapa hari ke depan."

     SMX didirikan pada tanggal 31 Agustus 2010 dengan kontrak berjangka untuk pengiriman emas Singapura, mata uang Euro-USD yang bertahan, harga minyak mentah WTI dan Brent dalam Euro. Pengenalan GBP-USD dan uang tunai menyelesaikan kontrak Euro-USD pada tanggal 29 Juli 2011 akan mengambil jumlah keseluruhan beberapa kontrak yang tersedia pada SMX. SMX pertama kali memperkenalkan AUD-USD dan USD-JPY dari tanggal 29 April, 2011. Hal ini dilakukan untuk uang tunai pembayaran emas, perak dan tembaga berjangka yang memulai perdagangan di SMX pada tanggal 15 April, 2011.

     Sesi perdagangan SMX meluas ke jam kerja di Asia, Eropa dan Amerika, dengan kliring rekanan terpusat yang dilakukan oleh SMXCC. Platform SMX memungkinkan partisipasi jarak jauh melalui beragam jaringan anggota dan ISV. Bursa ini juga menawarkan solusi kepemilikan menyeluruh untuk akses pasar langsung.

     Tentang Singapore Mercantile Exchange

     Singapore Mercantile Exchange adalah bursa komoditi beragam produk dan derivatif mata uang seluruh Asia di Singapura. Ia menawarkan platform menyeluruh untuk memperdagangkan berbagai komoditas, termasuk berjangka dan kontrak opsi logam mulia, logam dasar, komoditas pertanian, energi, mata uang dan indeks.

     SMX memberi para pelaku di pasar manfaat transparansi pasar, kenyamanan zona waktu, penemuan harga dan pembandingan (benchmarking), manajemen risiko harga dan beberapa opsi konektivitas. Kliring rekanan dan risiko penyelesaian dikelola secara efektif melalui lembaga kliringnya, Singapore Mercantile Exchange Clearing Corporation.

     Pengatur pasar keuangan Singapura - Monetary Authority of Singapore (MAS) - memberi SMX status 'Bursa yang Disetujui' sejak tahun 2010.

     SMX didukung oleh pencipta bursa terkemuka dunia - Financial Technologies (India) Limited - yang telah berhasil mendirikan 10 bursa di India, Dubai, Singapura, Afrika, Mauritius dan Bahrain.

     SMX adalah anggota asosiasi industri derivatif internasional terkemuka, seperti Futures Industry Association (FIA), Swiss Futures and Options Association (SFOA), Association of Futures Markets (AFM) dan Futures and Options Association (FOA).

     Informasi lebih lanjut, www.smx.com.sg
   
     Untuk pertanyaan media, hubungi:

     Hasmita Rajan
     Ponsel: +65-9855-1507
     hasmita.rajan@smx.com.sg

     Vishwesh Iyer
     Think Public Relations
     Ponsel: +65-9101-8487
     vishwesh@thinkprapac.com
   
     SUMBER  Singapore Mercantile Exchange

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011