Jakarta (ANTARA) - Indiana Pacers mendapatkan Tyrese Haliburton dari Sacramento Kings ditukar dengan Domantas Sabonis dalam kesepakatan barter yang secara keseluruhan melibatkan enam pemain.

Melalui laman resminya pada Rabu WIB, Pacers mengonfirmasi selain Haliburton, mereka juga mendapatkan Buddy Hield dan Tristan Thompson dari Kings.

Sebagai gantinya, Kings memperoleh Sabonis, Justin Holiday dan Jeremy Lamb disertai hak pilih putaran kedua NBA Draft 2023.

Kesepakatan barter itu dikonfirmasi hanya beberapa jam sebelum Pacers menghadapi Atlanta Hawks, di mana mereka kalah 112-133.

Baca juga: Atasi Pacers 133-112, Hawks hentikan dua kekalahan beruntun 

Pelatih kepala Rick Carlisle mengaku gembira bisa mendapatkan jasa Haliburton yang disebutnya sebagai point guard muda elit yang bisa mempengaruhi gim secara positif.

"Ini barter yang menggembirakan dan akan mengubah lanskap secara signifikan. Haliburton point guard muda elit yang mempengaruhi gim secara positif dalam banyak cara," kata Carlisle.

"Kami mendapatkan tiga pemain yang sangat bagus dan dalam kasus Tyrese, dia masih berkesempatan untuk terus berkembang... Mendapatkan point guard sekelas tulang punggung tim di usia 21 tahun adalah hal yang sangat sulit," tambahnya.
Sabonis, Holiday dan Lamb sempat mengikuti sesi latihan terakhir Pacers sebelum pertandingan melawan Hawks, dan Carlisle mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan ketiganya tentang kesepakatan barter ini.

Secara khusus, Carlisle mengungkap bahwa Sabonis adalah orang pertama yang ia beri tahu tentang kesepakatan tersebut.

"Saya hanya bisa berterima kasih kepadanya atas beberapa bulan, yang dalam perspektif saya, begitu luar biasa dan dedikasi selama beberapa tahun bagi Pacers," ujar Carlisle.

Baca juga: Cavaliers dapatkan Caris LeVert dari Pacers 

Haliburton saat ini menjalani musim keduanya di NBA setelah direkrut Kings sebagai pilihan ke-12 Draft 2020, dan musim ini ia catatannya menanjak dengan rata-rata 14,3 poin dan 7,4 assist dalam 51 pertandingan di Sacramento.

Pacers juga mendapatkan Hield yang saat ini menempati peringkat ketiga dalam daftar torehan tripoin NBA musim ini dengan 182 kali keberhasilan.

Sebaliknya, Kings juga cukup diuntungkan dalam barter kali ini sebab mereka mendapatkan Sabonis yang dua kali terpilih masuk tim All-Star NBA yang musim ini cukup konsisten membukukan dwiganda lewat kontribusi rata-rata 18,9 poin dan 12,1 assist dalam 47 penampilan untuk Pacers.

Barter dengan Kings menjadi kesepakatan kedua yang dicapai Pacers dalam kurun waktu dua hari terakhir, setelah sebelumnya mereka juga melepas Caris LeVert ke Cleveland Cavaliers ditukarkan Ricky Rubio serta tiga hak pilih NBA Draft. 

Baca juga: Hujani Kings dengan 22 tripoin, Timberwolves menang lima gim beruntun 
Baca juga: Giannis Antetokounmpo borong 44 poin saat Bucks jinakkan Lakers 

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022