Kendari (ANTARA) -
Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengatakan dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 memberikan berkah bagi kebangkitan daerah khususnya di masa pandemi COVID-19.

"Menjadi tuan rumah penyelenggara peringatan Hari Pers Nasional 2022 merupakan berkah bagi Sulawesi Tenggara karena memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah kita," kata Gubernur saat menutup pameran HPN yang diselenggarakan di pelataran Tugu Religi MTQ Kendari, Rabu malam.

Pameran HPN dalam rangka promosi potensi dan produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah serta potensi peluang investasi di daerah Sulawesi Tenggara yang merupakan rangkaian peringatan Hari pers nasional 2022 di Sultra dilaksanakan sejak 6-9 Februari.

"Sebagai contoh hadirnya berbagai elemen dari luar Sultra telah memberi kesempatan dan ruang bagi pemerintah daerah untuk memamerkan sekaligus mempromosikan berbagai potensi daerah dan produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah," ujar dia.

Baca juga: Kapolri : Pers garda terdepan jaga optimisme di masa pandemi

Menurut Gubernur, dengan adanya pameran maka promosi potensi peluang investasi di berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan, potensi pertambangan, pariwisata dan potensi-potensi lainnya sehingga dapat dikenal.

Dia menilai, walaupun pameran yang berlangsung selama empat hari ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, tetapi ia melihat semua pihak yang terlibat dan pengunjung hadir begitu antusiasme dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ali Mazi berharap peserta pameran telah memanfaatkan momen yang baik ini sehingga terjadi transaksi jual beli minimal menjalin hubungan bisnis dan komitmen investasi.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ekonomi saya juga berharap dapat memacu pertumbuhan ekonomi Sultra tahun 2022 ini, dan dapat melampaui capaian di tahun 2021 sebesar 4,2 persen serta dapat meningkatkan investasi melampaui capaian investasi di tahun 2021," tutur Gubernur.

Penutupan juga dirangkaikan dengan pembacaan stan terbaik mulai kategori umum perbankan, BUMN dan lembaga terbaik ketiga yakni Wepure Mabel Muna, terbaik kedua OJK Sultra, terbaik pertama Bank Sultra. Penghargaan diserahkan langsung oleh perwakilan forkopimda yakni Danrem 143/Haluoleo.

Baca juga: Mentan ajak jurnalis turut bangun pertanian dalam peringatan HPN 2022

Pemenang kategori OPD, instansi vertikal Sultra dimana harapan tiga dimenangkan Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra, harapan kedua Dinas Perhubungan Sultra, harapan kesatu Kemenkumham Sultra. Terbaik ketiga Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, terbaik kedua dua Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, terbaik pertama Disnakertrans Sultra. Piagam penghargaan diserahkan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh.

Pemenang stan kategori kabupaten/kota ada enam terbaik, dimana harapan ketiga dimenangkan Kabupaten Muna, harapan kedua Kabupaten Bombana, harapan pertama dimenangkan Kota Baubau. Terbaik ketiga Kolaka Timur, kedua Konawe Selatan, terbaik pertama dimenangkan Kabupaten Konawe Utara. Piagam diserahkan langsung Gubernur Sultra Ali Mazi.

Pameran potensi HPN 2022 ini menyediakan 75 stan guna mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara. Peserta yang mengikuti pameran promosi dan potensi produk unggulan berjumlah 75 stan dengan jumlah peserta 66 terdiri dari OPD lingkup Pemprov Sultra, pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN, BUMD, perbankan, pelaku usaha industri besar, IKM dan UMKM se-Sulawesi Tenggara.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022