Jakarta (ANTARA) - China akan terus mendorong pembangunan infrastruktur lingkungan perkotaan untuk mendukung pembangunan hijau negara itu.

China bakal membangun sebuah sistem infrastruktur lingkungan modern yang komprehensif, efisien, cerdas, hijau, dan aman pada 2030, menurut pedoman yang diterbitkan oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan tiga badan pemerintah lainnya.

Pada 2025, kapasitas pembuangan limbah tersebut akan meningkat sebesar 20 juta meter kubik per hari, dan kapasitas penanganan sampah rumah tangga akan mencapai 700.000 ton per hari, kata pedoman itu.

Sementara itu, China juga disebut akan menopang fasilitas pembuangan limbah di area-area utama dan akan semakin meningkatkan pembangunan fasilitas pembuangan limbah padat, katanya.

Pembangunan dan pengoperasian infrastruktur bakal lebih berorientasi pasar. Pasar yang lebih terstandarisasi dan terbuka akan dibangun untuk kontraktor tata kelola lingkungan pihak ketiga.

Pedoman tersebut menambahkan bahwa otoritas lokal terkait harus meningkatkan upaya untuk membuat dan menerapkan langkah-langkah terperinci.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022