Rio de Janeiro, Brazil (ANTARA News) - Juara bertahan Asia Jepang dan Korea Utara berada dalam satu grup dalam babak kualifikasi bagi Piala Dunia 2014 menyusul undian di Rio de Janeiro, Brazil, Sabtu.

Jepang, yang mencapai babak 16 besar pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010 sebelum kalah dalam adu penalti dari Paraguay, akan menjadi tim yang harus dihadapi Uzbekistan dan Suriah selain Korea Utara di Grup C.

Jepang yang dilatih Alberto Zaccheroni dari Italia, menjadi juara Piala Asia awal tahun ini, dan tampil sebagai tim tangguh yang diperkuat sejumlah pemain muda berbakat yang merumput di klub-klub Eropa, termasuk Yuto Nagatomo, Shinji Kagawa dan Keisuke Honda.

Kendati begitu Samurai Biru merasa khawatir terhadap Korea Utara, yang tahun lalu juga berhasil mencapai putaran final Piala Dunia namun digilas 0-7 oleh Portugal saat tersingkir di putaran pertama kompetisi tersebut.

Sementara Korea Selatan, yang mencapai babak 16 besar di Afrika Selatan tahun lalu dan semifinalis Piala Dunia 2002, berada di Grup B bersama trio Timur Tengah, yaitu Kuwait, Lebanon dan Uni Emirat Arab.

Usaha Australia untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia selama tiga kali berturut-turut dimulai pada Grup D di mana bercokol pula Arab Saudi, Oman dan Thailand.

"Saya adalah penggemar berat ketiga negara itu dan saya sangat menghormati mereka," ujar bintang sepak bola Australian Tim Cahill seperti dikutip AFP.

A016/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011