Jakarta (ANTARA News) - PSSI menunjuk Wim Rijsbergen selaku pelatih kepala timnas PSSI senior, sedangkan Listiadi menjadi asistennya.

Rahmad Darmawan yang semula  asisten Wim di Timnas senior akan fokus menangani Timnas PSSI U-23 yang akan diterjunkan di SEA Games 2011.

"Rahmad Darmawan menjadi pelatih kepala Timnas U-23 untuk ke SEA Games dengan dibantu Widodo C Putra dan Aji Santoso," ujar anggota Komite Eksekutif PSSI Bidang Koordinator Timnas, Bob Hippy di Jakarta, Minggu.

Listiadi pernah menjadi pelatih kepala PSMS Medan, dan terakhir menjadi asisten pelatih PSM Makassar.

Bob Hippy mengatakan, PSSI harus mengambil langkah cepat membagi tugas tersebut mengingat timnas senior sudah harus bertanding 2 September dalam lanjutan Pra Piala Dunia di mana Indonesia bergabung dengan Iran, Qatar dan Bahrain di Grup E.

Indonesia akan lebih dulu tandang ke Iran pada 2 September 2011, setelah itu menjamu Bahrain pada 6 September 2011 dan Qatar pada 11 Oktober 2011.

Setelah itu giliran Indonesia menjamu Iran pada 15 November 2011 dan pada laga terakhir bertandang ke Bahrain pada 29 Februari 2012.

"Timnas Senior kami jadwalkan mulai berlatih lagi pada 4 Agustus. Sedangkan Timnas U-23 sesuai jadwal semula akan memulai latihan untuk seleksi berikutnya mulai 2 Agustus di Batu, Malang," ujarnya.

Pemisahan tugas yang diberikan kepada Rahmad Darmawan, lanjutnya, adalah agar Timnas U-23 bisa lebih siap menghadapi SEA Games 2011 untuk mewujudkan impian masyarakat dalam meraih gelar juara.

"Sudah empat kali SEA Games kita tidak meraih gelar juara. Persiapan Pra Piala Dunia dan SEA Games sama pentingnya," ujar Bob Hippy.(*)

ANT/T009

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011