Jakarta (ANTARA) - China berencana membangun lebih banyak pertanian ekologis pada tahun-tahun mendatang guna memajukan modernisasi dan pembangunan hijau di sektor pertanian negara tersebut.

Menurut pedoman yang dipublikasikan pada Rabu (9/2) oleh Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China, negara tersebut menargetkan untuk membangun 1.000 pertanian ekologis nasional dan 10.000 pertanian ekologis daerah di seluruh negeri pada tahun 2025. 

Pertanian-pertanian ini akan menjadi entitas produksi dan operasional pertanian, menargetkan hasil maksimum yang berkelanjutan sembari berupaya menyesuaikan sumber daya, yang bersifat ramah lingkungan, dan menjamin keamanan pangan, kata pedoman itu.

China juga berharap dapat mendorong entitas pasar yang modern dan efisien, mempromosikan pola-pola teknis tertentu, serta mengeksplorasi dan menetapkan kebijakan-kebijakan pendukung terkait pertanian ekologis, lanjut dokumen tersebut.

Langkah ini akan meningkatkan pasokan produk pertanian yang ramah lingkungan dan berkualitas sekaligus mendorong kualitas, efisiensi, dan daya saing sektor pertanian.

Menurut rencana pertanian lima tahun yang diterbitkan bulan lalu, China akan mencapai kemajuan signifikan dalam industri pertanian pada 2025, meningkatkan kemampuannya dalam menyediakan produk pertanian utama dan menghasilkan produksi yang ramah lingkungan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022