Jakarta (ANTARA News) - PSSI membagi tugas penanganan Timnas PSSI Senior kepada Wim Rijsbergen selaku pelatih kepala yang akan dibantu Listiadi sebagai asisten pelatih.

Sementara Rahmad Darmawan yang semula menjadi asisten Wim di Timnas senior, difokuskan untuk menangani Timnas PSSI U-23 yang akan diterjunkan ke SEA Games 2011.

"Kami menunjuk Listiadi sebagai asistennya Wim Rijsbergen yang kami fokuskan untuk menangani Timnas Senior. Sedangkan Rahmad Darmawan menjadi pelatih kepala Timnas U-23 untuk ke SEA Games dengan dibantu Widodo C Putra dan Aji Santoso," ujar Komite Eksekutif Bidang PSSI Koordinator Timnas, Bob Hippy di Jakarta, Minggu.

Listiadi sebelumnya pernah menjadi pelatih kepala PSMS Medan, dan terakhir kali menjabat asisten pelatih PSM Makassar.

Bob Hippy mengatakan, PSSI harus mengambil langkah cepat membagi tugas tersebut mengingat Timnas Senior sudah harus bertanding mulai 2 September dalam lanjutan Pra Piala Dunia.

Sesuai hasil undian yang dilakukan di Rio de Janeiro Brasil pada Sabtu malam atau Minggu dinihari WIB, Indonesia berada di Grup E bersama Iran, Qatar dan Bahrain.

Tim Merah Putih akan lebih dulu tandang ke Iran pada 2 September 2011. Setelah itu Firman Utina dan kawan-kawan akan menjamu Bahrain pada 6 September 2011, dan akan menjamu Qatar pada 11 Oktober 2011.

Pada pertandingan keempat, Indonesia akan bertandang ke Qatar pada 11 November 2011. Baru setelah itu giliran Indonesia yang menjamu Iran pada 15 November 2011 dan pada laga terakhir Indonesia akan bertandang ke Bahrain pada 29 Februari 2012.

"Dengan melihat jadwal tersebut maka kami harus langsung mempersiapkan tim dengan sebaik-baiknya. Timnas Senior kami jadwalkan mulai berlatih lagi pada 4 Agustus. Sedangkan Timnas U-23 sesuai jadwal semula akan memulai latihan untuk seleksi berikutnya mulai 2 Agustus di Batu, Malang," ujarnya.

Pemisahan tugas yang diberikan kepada Rahmad Darmawan, lanjutnya, adalah agar Timnas U-23 bisa lebih siap menghadapi SEA Games 2011 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, dimana masyarakat memimpikan harus meraih gelar juara.

"Sudah empat kali SEA Games kita tidak meraih gelar juara. Persiapan Pra Piala Dunia dan SEA Games sama pentingnya," ujar Bob Hippy.

Mengenai mekanisme latihan Timnas Senior, Bob mengatakan pihaknya akan membahasnya dengan pelatih dan asisten pelatih Timnas.

"Mengingat kita sedang memasuki bulan puasa dan dipastikan banyak pemain yang juga berpuasa, kemungkinan latihan akan dilakukan sore atau malam hari," ujarnya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011