kesepakatan peningkatan pagu hutang itu, mereka juga setuju tentang pemotongan pengeluaran 2,5 triliun dolar AS dalam dua putaran...
Washington DC (ANTARA News) - Satu kesepakatan besar di antara kubu politik Amerika Serikat tercapai soal peningkatan pagu hutang negara Paman Sam itu. Pada menit-menit terakhir, para pemimpin Amerika Serikat sepakat menaikkan pagu utang sedikitnya 2,1 triliun dolar AS.

Angka sebanyak itu, menurut satu sumber di Washington DC menurut AFP, Minggu (31/7), dinilai cukup untuk menanggulangi keperluan perekonomian Amerika Serikat hingga 2013. Selain kesepakatan peningkatan pagu hutang itu, mereka juga setuju tentang pemotongan pengeluaran 2,5 triliun dolar AS dalam dua putaran.

Pejabat senior pemerintah itu mengatakan, pemotongan dibagi antara program militer dan program lain. Dengan begitu, paling tidak 350 miliar dolar AS pengurangan anggaran pertahanan Amerika Serikat akan terjadi selama 10 tahun ke depan.

Garis besar kesepakatan itu, seorang pejabat mengatakan, Obama dan pemimpin Kongres sepakat untuk pemotongan hampir satu triliun dolar AS yang diberlakukan selama 10 tahun mendatang.

Satu komite kongres gabungan Demokrat dan Republik kemudian akan bertugas merekomendasikan pemotongan lebih lanjut 1,5 triliun dolar AS pada 23 November. Hasil rekomendasi itu akan dinilai Kongres dan jika memadai akan disetujui pada 23 Desember.

Jika Kongres gagal memenuhi tenggat waktu, pemotongan dalam jumlah yang sama akan secara otomatis mulai berlaku dari 2013 untuk dibagi secara merata antara program pertahanan dan non-pertahanan.

Gedung Putih menjamin Jaminan Sosial dan Kesehatan, program perawatan kesehatan untuk orang tua, tidak akan tersentuh oleh pemotongan otomatis. (SYS)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011