Tokyo (ANTARA News) - Gempa bumi yang berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang kawasan lepas pantai selatan pulau Honshu Jepang, Senin malam, kata para ahli gempa AS, namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Gempa yang terjadi menjelang tengah malam itu berada di kedalaman sekitar 10 kilometer, di lokasi sekitar 39 kilometer sebelah selatan Shizuoka dan 165 kilometer sebelah selatan Tokyo, kata Badan Gempa AS (USGS), lapor AFP.

Sebelumnya USGS menyebut gempa itu berkekuatan 5,9 skala Richter.

Pusat gempa itu sangat jauh dari lokasi gempa bumi 9,0 skala Richter yang mengguncang Jepang pada 11 Maret, yang menimbulkan gelombang tsunami besar yang menyapu seluruh hamparan pantai timurlaut Jepang, mengakibatkan lebih dari 20.000 orang tewas atau hilang.

Ribuan orang lagi kehilangan tempat tinggal ketika sebuah reaktor nuklir mulai meleleh setelah sistem pendinginnya terhantam gelombang air, dalam bencana atom terburuk dunia selama seperempat abad ini.

Jepang, yang terletak di pertemuan empat lempengan tektonik, dilanda 20 persen gempa terkuat yang terekam di Bumi setiap tahun. (M014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011