Kami masih mengejar peningkatan capaian vaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Yudi Dimyati mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Kota Jakarta Barat hingga saat ini baru mencapai 72,54 persen.

"Kami masih mengejar peningkatan capaian vaksinasi dengan membuka gerai vaksinasi massal di seluruh wilayah Jakarta Barat," kata Yudi saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Menurut Yudi, dari delapan Kecamatan di Jakarta Barat, capaian tertinggi di kecamatan Taman Sari yakni 80.143 orang dari target 90.339 orang sasaran, sedangkan capaian terendah di Cengkareng yakni 326.362 orang dari total 374.203 orang sasaran.

Yudi menjelaskan, jumlah warga yang telah divaksin sesuai dengan data Nomor Induk Penduduk (NIK) per kecamatan.

Menurut Yudi, ada beberapa alasan yang menyebabkan capaian vaksin dosis kedua belum 80 persen. Salah satu alasannya, beberapa warga masih berada pada kondisi pasca terpapar COVID-19 sehingga tidak bisa langsung menerima vaksin.

"Beberapa warga juga masih ada yang terinfeksi COVID-19 sehingga belum bisa menerima vaksin," kata dia.

Namun, Dinas Kesehatan Jakarta Barat tetap berupaya mengimbau masyarakat untuk menerima vaksin demi meningkatkan kekebalan tubuh warga. Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan swasta untuk membuka 16 gerai vaksin di beberapa tempat, termaksud pusat perbelanjaan dan perkantoran.

Dengan upaya tersebut, Yudi berharap target capaian vaksin 80 persen bisa tercapai dalam waktu dekat.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022