Jakarta (ANTARA) - Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China memperkirakan hujan salju lebat akan melanda beberapa wilayah di China utara mulai Jumat (11/2) hingga Minggu (13/2). 

Hujan salju sedang hingga lebat akan melanda sebagian wilayah Beijing-Tianjin-Hebei, Provinsi Shanxi dan Daerah Otonom Mongolia Dalam saat akhir pekan, dengan badai salju diperkirakan menghantam beberapa area. 

Salju akan disertai dengan penurunan suhu dari 4 derajat menjadi lebih dari 8 derajat Celsius, kata NMC.

Hingga Jumat malam waktu setempat, sebagian Provinsi Heilongjiang di China timur laut dan Daerah Otonom Tibet di China barat daya mungkin akan mengalami hujan salju hingga 5 hingga 8 milimeter, sementara beberapa bagian lain di China utara, barat laut, dan barat daya kemungkinan akan mengalami hujan salju ringan hingga sedang.

China akan meningkatkan akurasi prakiraan cuaca dengan bantuan jaringan pemantauan meteorologi yang tepat di Distrik Yanqing, Beijing, dan Kota Zhangjiakou di Provinsi Hebei, yang merupakan dua lokasi penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2022, ujar Zhao Weidong, juru bicara Komite Penyelenggara Beijing untuk Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2022, dalam sebuah konferensi pers pada Kamis (10/2).

Komite itu juga akan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan lain dari Olimpiade Musim Dingin seperti Komite Olimpiade Internasional untuk menjadwal ulang kompetisi jika diperlukan untuk memperkecil dampak kondisi cuaca ekstrem, tutur Zhao.

Selama akhir pekan, NMC juga memperkirakan hujan yang semakin intensif di beberapa area di China selatan, sementara hujan salju atau hujan es akan turun di beberapa wilayah provinsi termasuk Guizhou, Chongqing dan Hubei. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022