Palembang (ANTARA) - Capaian vaksinasi COVID-19 di 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan untuk dosis pertama sudah 91,19 persen dari target 6,3 juta jiwa.

"Capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama itu sudah cukup tinggi dan diupayakan segera 100 persen, sedangkan dosis kedua yang telah mencapai 50 persen lebih diupayakan capaian segera menyamai dosis pertama," kata Kadinkes Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Jumat.

Menurut dia, masyarakat yang hingga kini masih belum divaksinasi dan memenuhi persyaratan diimbau untuk segera mendatangi rumah sakit, puskesmas terdekat atau tempat-tempat yang menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 secara massal.

Begitu pula bagi masyarakat yang sudah divaksinasi dosis pertama dan telah melewati batas jadwal penyuntikan vaksin dosis kedua diimbau untuk segera mendatangi tempat-tempat pelayanan vaksinasi terdekat.

Baca juga: Warga Sumsel diminta kurangi mobilitas respons satu kasus baru Omicron

Baca juga: 30.270 anak di Kabupaten OKU Sumsel sudah divaksinasi COVID-19


Melalui upaya pelayanan vaksinasi yang gencar dilakukan akhir-akhir ini bersama TNI/Polri, diharapkan capaian vaksinasi hingga 100 persen baik dosis pertama maupun dosis kedua bisa segera terealisasi, kata Kadinkes.

Sementara sebelumnya Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi mengatakan, pihaknya berupaya memaksimalkan peran Polsek yang tersebar di jajaran 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat untuk mempercepat pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum, lansia, dan anak-anak usia 6-11 tahun.

"Pelayanan vaksinasi perlu didukung percepatan pelaksanaannya sehingga tercipta kekebalan komunal maksimal di tengah ancaman peningkatan kasus penularan dari virus varian baru Omicron," ujarnya.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk anak atau yang dikenal dengan 'Vaksinasi Merdeka Anak' dan pelayanan vaksinasi untuk masyarakat umum diharapkan bisa berjalan dengan baik dan sebelum akhir tahun ini sudah bisa dituntaskan penyuntikan dosis pertama dan kedua.

Vaksinasi tersebut diharapkan bisa memberikan perlindungan maksimal kepada anak-anak hingga lansia dan dapat menambah kekebalan komunal dari penularan COVID-19.

"Anak-anak dan masyarakat yang termasuk kelompok rentan tertular virus corona diharapkan berpartisipasi aktif menyukseskan vaksinasi COVID-19 dengan mengunjungi rumah sakit, puskesmas, dan sejumlah tempat kegiatan vaksinasi massal," ujar Kabid Humas.*

Baca juga: Polres OKU Sumsel targetkan vaksinasi 1.500 anak 6-11 tahun

Baca juga: Vaksin booster harus digencarkan tangkal Omicron

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022