Jakarta (ANTARA) - Muhammad Rifqi Fitriadi melangkah ke semifinal tunggal putra Mandiri Tennis Open 2022 setelah menyingkirkan Tegar Abdi Satrio Wibowo pada perempat final di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Jumat.

Kehilangan set pembuka, Rifqi, yang menempati unggulan pertama turnamen berhadiah total Rp200 juta itu, mampu bangkit memporak-porandakan pertahanan lawan. Petenis wakil Jawa Timur itu unggul dengan skor akhir 4-6 6-0 6-0.

"Set pertama saya mencoba menyerang dengan bola panjang ke baseline namun lawan yang bertipe bertahan mampu mengantisipasi dengan baik. Set kedua saya mengubah pola permainan dengan variasi pukulan yang lebih banyak membuka lapangan dan slice pendek di depan," ujar peringkat nomor satu nasional itu, dalam keterangan tertulis.

Selanjutnya, pada babak semifinal yang akan digelar Sabtu, Rifqi akan menghadapi unggulan ketiga Ega Uneputty dari Bangka Belitung, yang sukses menyisihkan Jeremy Nahor dari Bengkulu 7-5 6-1.

Partai tersebut akan menjadi ulangan semifinal tunggal putra perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Jayapura, Papua, pada Oktober lalu di mana Rifqi menang dua set langsung 6-3 6-0.

"Ya pasti ingin membalas kekalahan, namun yang penting bisa menampilkan permainan terbaik dulu lah," ujar Ega.

Baca juga: Unggulan terguncang memasuki perempat final Mandiri Tennis Open 2022

Sementara itu, non-unggulan dari Papua Barat, Achad Imam Maruf mampu melewati delapan besar dengan menggusur unggulan keenam Kareem Abdul Hakim dari Jawa Barat. Achad unggul rubber set 4-6 7-6(6) 6-3.

Pada semifinal, Achad bakal melakoni laga dejavu, menantang unggulan keempat dari Jawa Timur, Anthony Susanto, yang lolos dari sergapan Tio Juliandi dari Papua Barat di perempat final dengan kemenangan 7-6(1) 7-5.

"Imam dan saya seumuran. Saat junior di kelompok umur 14 tahun, saya selalu kalah darinya. Namun, di level senior, saya selalu menang atasnya," kata Anthony.

"Saya optimistis bisa ke final, namun harus waspada karena Imam sedang on-fire," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, di kelompok putri, tercipta semifinal ideal di mana empat unggulan teratas saling berjibaku berebut tempat menuju babak pamungkas.

Unggulan teratas, Aldila Sutjiadi bakal terlibat duel antar sesama wakil Jawa Timur, unggulan ketiga, Jessy Rompies. Sementara, unggulan kedua Beatrice Gumulya dari Jawa Timur akan meladeni unggulan keempat dari Kalimantan Selatan, Fadona Titalyana.

Mandiri Tennis Open 2022, yang disponsori PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., merupakan turnamen pertama dalam kalender resmi PP Pelti pada masa pandemi sejak dua tahun belakangan.

Baca juga: PP Pelti gelar turnamen Mandiri Tennis Open 2022

Hasil perempat final, Jumat (11/2)
Tunggal putra
M. Rifqi Fitriadi v Tegar Abdi Satrio 4-6 6-0 6-0
Ega Uneputy v Jeremy Nahor 7-5 6-1
Anthony Susanto v Tio Juliandi 7-6(1) 7-5
Achad Imam Maruf v Kareem Abdul Hakim 4-6 7-6(6) 6-3

Tunggal putri
Aldila Sutjiadi v Fitriana Sabrina 6-1 6-4
Jessy Rompies v Fitriani Sabatini 6-4 6-2
Fadona Titalyana v Kholisa Siti Maisaroh 6-4 6-4
Beatrice Gumulya v Kadek Gita Purnami 6-2ret

Jadwal semifinal, Sabtu(12/2).
Tunggal putra
M. Rifqi Fitriadi v Ega Uneputy
Anthony Susanto v Achad Imam Maruf

Tunggal putri
Aldila Sutjiadi v Jessy Rompies
Fadona Titalyana v Beatrice Gumulya

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022