Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Jumat (11/2), mulai dari Presiden Jokowi mengatakan topik tentang ekonomi biru dan karbon biru akan diangkat di G20 hingga Indonesia berkomitmen melakukan konservasi laut 32,5 juta hektare pada 2030.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Presiden: G20 Indonesia angkat pentingnya ekonomi biru-karbon biru

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Presidensi G20 (Group of Twenty) Indonesia akan mengangkat mengenai pentingnya ekonomi biru, karbon biru, dan penanganan sampah laut.

Presiden menekankan Indonesia siap bermitra dengan semua pihak untuk mewujudkan ekosistem laut yang berkelanjutan.

Selengkapnya baca di sini.

Menkopolhukam: Pemerintah tak toleransi "pinjol" ilegal

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan Pemerintah tidak akan memberikan toleransi terhadap penyedia layanan pinjaman daring atau online (pinjol) ilegal karena memberikan dampak merugikan masyarakat.

"Pinjol ilegal itu sebenarnya rentenir yang bertransformasi di era digital, perlu kehati-hatian untuk memberantasnya. Di samping kerugian yang timbul, juga terdapat ekosistem yang dianggap saling menguntungkan dari praktik itu," kata Mahfud.

Selengkapnya baca di sini.

KSP: Kelanjutan pembangunan Waduk Bener utamakan dialog

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani mengatakan kelanjutan pembangunan Waduk Bener di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, akan mengutamakan dialog dan musyawarah dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Jaleswari dalam rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD terkait pembahasan penanganan insiden yang sempat terjadi di Desa Wadas.

Selengkapnya baca di sini.

Ari: Anggota KPU terpilih implikasi pada kualitas Pemilu 2024

Direktur PARA Syndicate Ari Nurcahyo menegaskan calon anggota KPU dan Bawaslu RI yang nantinya terpilih usai uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI akan berimplikasi pada kualitas pemilu yang digelar pada 2024.

Dalam diskusi di Jakarta, Jumat, Ari mengatakan tentu calon anggota KPU dan Bawaslu RI yang terpilih nantinya diharapkan yakni sosok yang terbaik dan terpercaya.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi sampaikan komitmen konservasi laut hingga 32,5 ha

Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmen Indonesia untuk melakukan konservasi laut hingga seluas 32,5 juta hektare pada 2030.

"Kami memiliki komitmen mencapai target kawasan konservasi perairan laut seluas 32,5 juta hektare pada tahun 2030," kata Presiden Joko Widodo.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022